Selasa, 04 Maret 2014

Terjadwal

Cuman pengen cerita aja, rutinitas saya tiap hari, yang ternyata secara nggak sengaja menjadi terjadwal dengan sendirinya. Udah ada alarm sendiri aja gitu, jam segini mesti ini mesti itu, hari apa mesti ini mesti itu. Banyak yang kayak gitu juga nggak sih ? Soalnya beberapa temen saya siey katanya pada santai gitu, sekehendak hati aja... Lah saya kok nggak bisa ya? Biarpun hatinya nggak berkehendak, tapi rasanya salah aja kalo nggak dilaksanakan. Begini nih ...
  1. Setiap pagi hari Senin sampe Senin lagi, saya mengharuskan diri bangun di Jam 3 pagi untuk shalat Tahajud, lanjut memasak. Yap, saya memang doyan memasak di pagi buta karena suasananya masih sepiii... eh nggak, sebenernya karena Fira masih bobok, jadi kan saya bisa konsen masak. Kalo Fira udah bangun, saya kan nggak enak hati juga ngebiarin dia mainan sendiri sementara saya juga sibuk sendiri. Abis masak siey biasanya saya santai-santai bentar sambil nunggu Subuh. Abis shalat subuh, baru deh saya tidur lagi sampe jam setengah tujuh pagi. Bangunin Fira, sarapan bareng Fira, trus mandi bareng Fira, dandan bareng Fira, ganti baju bareng Fira, trus paling cepet jam setengah delapan cuussss nganter Fira ke sekolah dan saya pergi ke kantor. Enak ya, tinggal di kota yang nggak macet gini. Sepuluh menit kemudian pun sudah bisa duduk maniisss di depan kompi kantor. Kalo Sabtu perginya ke pasar, Minggu nya lebih santai laahhh....
  2. Sore hari, kalo Adzan Maghrib sudah berkumandang, berarti Fira sudah harus ada di rumah (sore-sore, Fira sama si Mbak biasanya main-main sama temennya di kompleks rumah, sementara saya mandi dan sedikit mengistirahatkan diri sepulang kantor), trus TV sudah harus mati. Shalat bareng Fira dan papa (kalo papa lagi di Lombok), ngaji (harus niiiii), trus nemenin Fira belajar. Yap, Fira tetap punya jadwal belajar sehabis Maghrib sampai jam 9 malam. Lama yah... Ya, keliatannya siey lama, tapi seru kookk... Belajarnya ya sambil bermain. Apapun yang Fira mau. Menulis kah, Berhitung kah, Mewarnai kah, Bercerita kah, Mengaji kah, Menari kah, Bermain puzzle kah, Menggunting kah, Menempel kah. Apapun. Tuh, kayak bermain kaaann.. Syaratnya, papa dan mama harus jauh-jauh dari HP. Full buat Fira.
  3. Jam 9 malam, TV dinyalakan kembali, karena Fira mau nonton Hi-5 dan yang lain-lainnya di chanel Disney Junior. Kalo ini siey bisa sama sambi potong-potong sayur buat acara masak besok.
  4. Jam berapapun setelah Fira ngantuk, baru kita pindah ke kamar untuk bobok. Yap, jam berapapun. Nggak tentu siey dia ngantuknya jam berapa. Mau dipaksain bobok jam 10 juga gak bakalan bobok. Yang ada kita diusilin melulu kalo bobok duluan. Sebelum bobok, Fira mewajibkan saya membacakan buku cerita wajib yang jumlahnya 10 biji ituuuhh... Saya sampe apaalll sama judul dan ceritanya. Fira juga sebenernya udah hafal banget sama ceritanya. Tapi kok yaaa nggak bosen boseeennn.... Mama ngantuuukkkk.....
  5. Setiap hari Senin dan Kamis, saya berusaha untuk puasa (berusaha yaa.. nggak wajiibb... biasanya banyak godaan..... hahahaha)
  6. Setiap hari Jumat, mengganti dan mencuci sprei di Kamar tidur saya (Si mbak siiii yang menjalankan)
  7. Setiap hari Sabtu, mengganti sprei di Kamar tidur Fira (Si mbak juga)
  8. Setiap hari Senin, si mbak juga harus mengganti sprei di kamarnya. Sekarang udah jadi kebiasaan si mbak siiieee... hehehe...
  9. Setiap hari Minggu, mengganti handuk kita semua (yang ganti saya, yang nyuci si mbak, hehehe)
  10. Setiap hari Senin, mengganti mukena Fira yang dibawa ke sekolah (ini siey emang dibalikin sam gurunya di hari Jumat, untuk dibawa kembali di hari Senin)
  11. Setiap hari Jumat, saya akan menyusun menu mingguan keluarga saya untuk hari Minggu sampai hari Sabtu, dan mencatat apa apa saja yang harus saya beli di pasar.
  12. Setiap hari Sabtu, jam 6 pagi, tentunya setelah selesai memasak, saya pergi ke pasar untuk berbelanja bahan makanan untuk persediaan seminggu ke depan, sesuai dengan catatan yang sudah saya buat di hari Jumat.
  13. Sepulang dari pasar, saya selalu membersihkan kulkas (saya ngeluarin yang kotor ajaaahhh... yang nyuci si mbak, hahahaha), dan merapikan semua barang belanjaan ke dalam kulkas.
  14. Setiap hari Sabtu juga, saya menjemur semua sepatu-sepatu saya dan sepatu-sepatu Fira, membersihkan rak sepatu dan tentu saja sepatunya juga, kemudian merapikannya kembali (kalo ini saya lakukan sendiri, tanpa bantuan si mbak)
  15. Setiap hari Minggu, dua minggu sekali, mengganti semua keset (nggak usah disuruh, si mbak udah tau kalo yang ini)
  16. Setiap tanggal 1, mengganti selimut (iya, saya suka ganti selimutnya sebulan sekali sajaahhh.... makin lama makin enak, gitu... bau bau saya... hahahaha... di rumah, yang suka pake selimut cuman saya seorang).
  17. Selain mengganti selimut, di tanggal 1 setiap bulan, saya juga harus mengganti mukena saya.
Yaaa.. gitu deh.. ada yang kurang nggak ya??? kayaknya itu aja deehh.... Ibuk ibuk yang lain, pada punya jadwal juga nggak yaaa????

NB : Kalo lagi di Lombok, Om Ben juga sering bantuin saya koookk.....

 Om Ben sedang memasak di dapur.. hahahahaha

6 komentar:

  1. aku juga kadang bvikin jadwal tapi suka gak teratur menjalaninya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha... iya juga siey, kalo lagi kumat malesnya... yaaa.. gitu deeehhh

      Hapus
  2. Sama, Mba. Saya juga punya jdwal hatian. Trmasuk jdwal ngeBlog.

    Dan setelah ada jdwal, rasanya tuh waktu terasa lbih cepat. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, waktu terasa lebih cepat dan syukurnya nggak ada yang kebuang, gitu.. Waduh, saya harus punya jadwal nge blog juga niey, soalnya suka lamaaa baru update blog

      Hapus
  3. Pada akhirnya rutinitas memang jadinya seperti terjadwal ya No :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali,,, udah dihafal di luar kepala pokoknya ya...

      Hapus