Selasa, 18 Maret 2014

Ayam Suwir

Gambar diambil disini

Hurraayyy.. Hari ini saya berhasil masak ayam suwir. Resepnya nanya sama Ibu dongs. Dan ternyata gampaangggg banget.. Nih ya, saya bagi deh resepnya...

Bahannya :

1/4 kg   Daging ayam, bisa direbus, bisa digoreng. Saya direbus ajah, biar bisa ditinggal main sama Fira. Setelah matang, disuwir suwir deh..

Untuk bumbunya :

5 buah cabai merah
3 siung bawang putih
1 buah tomat (opsional), dan saya  memilih untuk tidak menggunakan tomat
Terasi secukupnya
Gula pasir secukupnya. Katanya bisa juga kalo pake gula merah
Garam secukupnya
Jeruk sambal

Cara membuatnya :

Rebus cabai merah, bawang putih dan tomat, setelah itu dihaluskan bersama terasi, gula dan garam.
Setelah halus, dipanaskan dengan minyak sampai harum, trus ditambahkan air secukupnya (jangan banyak banyak ya airnya)
Trus,,, dimasukin deh ayam suwirnya tadi.. diaduk-aduk sampai rata dan asat.
Setelah asat, tinggal dikucurin jeruk sambal 

Siap dihidangkan

Hasilnya enaakkk... 

Saya rebus dan suwir-suwir ayamnya tadi malam, trus masaknya jam 3 pagi tadi. Setengah jam kemudian sudah mateng. 

Kayaknya cocok deh kalo dipadupadankan dengan cah kangkung. Lanjuttt masak cah kangkung..

Udah mateng semua, saya nggak sabar pengen sarapan di pagi buta. Jadi sekalian sahur aja deh... Rrrr.. tadi sahurnya nambah berapa kali yak?? banyak pokoknya.. 

Jadilah hari ini saya nggak mbontot, mau puasa, sekalian nyicil bayar hutang puasa ....

Selamat mencoba bagi yang berminat yaaaa ....

8 komentar:

  1. cocok buat pascal nih yang suka minta suwir2 ayam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo dipraktekkan mbak, semoga cocok... Kata temen temen, kalo ayam suwir Jawa malah pake kecap segala.... Ini resep saya ayam suwir Bali-Lombok deh... tinggal mainin di rasa aja, kalo mau lebih manis, gulanya dibanyakin...

      Hapus
  2. enyaaaakkk.... ternyata gampil ya bikinnya.. kirain ribet

    BalasHapus
  3. Wuih.. kayaknya enak nih mba, .. saya belum pernah nyoba.., jadi penasaran nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo.. silakan dicoba.. dijamin ketagihan....

      Hapus
  4. mbak dari fotonya kok ada daunnya, kayakx daun jeruk yah? tp diresepx kok gak ada sich hehe
    eh fira doyan pedes yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kan gambarnya copas, mbak.. Iya, Fira diajarin doyan pedess.. biar seru nanti meler meler berdua.. hahahahaha

      Hapus