Selasa, 19 April 2011

Welcome to Thailand.... episode 1

Di bulan puasa taon 2007, dapat kabar bahwa saya dan anggota tim EO berhak menikmati reward atas hasil perjuangan kami. Rewardnya berupa benchmark ke negara tetangga, ke Thailand. Cihuuuyyyy.... Gak kebayang betapa senangnya hati kami menerima reward yang luar biasa ini. Tugas pertama yang harus kami lakukan adalah buat passport. Wah, ini yang agak repot menurut saya. Pertama, Bima bukan ibukota propinsi, jadi gak ada kantor imigrasi di sini. Kantor imigrasi terdekat adalah di Mataram. Kalo ngurus di Mataram jadi ribet juga siey. Jauh, dan saya belum punya hak cuti yang 12 hari itu karena saya baru diangkat di tahun itu juga. Sementara kalo ngurus di hari Sabtu, takutnya kantor imigrasinya tutup. Jadi saya memutuskan untuk bikin passport di Bali aja, pas mudik lebaran.

Di Bali, pergilah saya ke kantor Imigrasi ditemenin Bapak sama Ibu. Masih pagi, belum terlalu banyak orang. Tanya-tanya sama mas yang jaga, apa aja yang perlu disiapin, ternyata cuman ngisi-ngisi formulir n fotocopy KTP plus surat ijin dari orang tua, karena status saya waktu itu belum menikah, dan biaya sebesar dua ratus tujuh puluh ribu sajah. Oke lah, gampang. Saya lengkapin semua berkasnya, dan sayapun duduk di ruang tunggu, menanti panggilan untuk mengikuti alur selanjutnya *saya gak tau tahap apa saja yang mesti saya lewatin*. Trus saya ditinggal sama Bapak n Ibu karena mereka mau kemana dulu, gitu. Ntar kalo udah selesai tinggal ditelfon ajah. Oke deh... Gak berapa lama, nama saya dipanggil, ditanyain biodata, dicocokin sama formulir, trus disuruh duduk kembali untuk selanjutnya di foto. Lamaaa saya tunggu nama saya gak dipanggil-panggil. Padahal banyak orang-orang yang datengnya setelah saya, malah dipanggil duluan. Wah, saya mulai curiga nih. Ada orang-orang berpakaian preman juga yang keluar masuk seenaknya ke area petugas sambil membawa segepok berkas. Wah, perasaan saya tambah gak enak. Iseng aja saya tanya ke salah satu ibu-ibu yang saya liat bebas keluar masuk itu. Ibu bisa bantu percepat proses pembuatan passport yah? Dari tadi nama saya kok belum dipanggil? Kata ibu itu : "bisa mbak...". Saya tanya , "biayanya berapa, bu?". Ibu itu jawab, "agak mahal mbak, soalnya ini hari terakhir kantor ini buka. Besok kan udah mulai libur lebaran. Biayanya dua setengah juta". Ngeeeeeekkkkkk.... agak mahal??? ini sih mahal banget. Saya jadi sebeeelllll.... Tapi sadar juga kalo kegiatan percaloan ini kayaknya emang susah banget buat dihilangkan. Lahan pekerjaan bagi mereka kah? ya sudahlah mungkin pada butuh buat menghidupi keluarganya. Trus gimana nasib saya dong?? ya apes. Jam 4 sore, saat ruang tunggu itu sudah sepiii baru deh saya dipanggil untuk foto. Terang aja saya difoto sambil merengut. Saya tanya petugas fotonya "kok saya antri dari pagi baru dipanggil sekarang? padahal yang dateng setelah saya malah banyak yang udah dipanggil duluan?" Bapak itu bilang, "ah gak mungkin mbak, mungkin mbak nya dari tadi dipanggil gak denger". Hadooohhh... pengen rasanya ngejitak sambil mengeluarkan segala sumpah serapah saya. Mana mungkin saya gak denger nama saya, RETNO WIDYASTUTI, dipanggil pake microphone yang begitu cemprengnya. Ya sudahlah, saya musti sabar, saya lagi puasa...Tapi tetep sebeeellllll.... Udah gitu, ternyata passport nya gak bisa langsung jadi. Musti besoknya. Dan berhubung besoknya udah libur lebaran, maka jadinya setelah lebaran. Tidaaakkk...... Ampun deh, setelah libur lebaran kan saya udah balik ke Bima. Dan pengambilan passport tidak boleh diwakilkan. Oh please deeehhhhh..... =====> penderitaan pertama

Sampe rumah saya ngomel-ngomel sepuasnya. Trus, bapak saya inget kalo saya punya tetangga yang kerja di kantor imigrasi. Dan beliau juga punya jabatan deh kayaknya. Ya udah, akhirnya coba minta tolong ke beliau, dan selesailah sudah permasalahan ini. Besok paginya, passport itu sudah ada ditangan saya....

Beberapa saat setelah lebaran, akhirnya panggilan itu datang juga dari kantor pusat via kantor wilayah. Kami diharuskan berkumpul dulu di kantor pusat di kawasan Blok M itu untuk mendapatkan pengarahan dari direksi, setelah itu bersama-sama terbang ke Thailand. Semua tiket sudah diuruskan, jadi kami tinggal mengikuti jadwalnya saja. Kami bertiga, saya, mbak Sari dan mbak Atik langsung hunting penginapan murah di sekitar kantor pusat. Awalnya pengen di Wisma Karya aja. Tapi ternyata penuh, akhirnya dapet informasi ada Wisma Nusantara, ya sudah, kami memutuskan untuk menginap di Wisma Nusantara aja, walaupun belum tau lokasinya dimana. Cerita pengambilan keputusan ini agak ribet sih sebenernya, tapi disingkat aja deh....

Nyampe Wisma Nusantara, kami naruh tas aja, trus langsung cabcus ke kantor pusat, pengarahan selesai, kami pun lanjut ke Blok M plaza, tentu saja dengan kendaraan favorit kami, bajaj... Muter-muterin Blok M plaza, seneng-seneng sampe malem, sampe mall nya mau tutup. Pulang dengan hati gembira sampe gak nyadar kalo seharian tadi ternyata ujan deres. Kita pun pulang naik bajaj. Ujannya udah berhenti siey. Nah, pas mau masuk kompleks penginapan kami (nih penginapan letaknya ngelewatin kompleks perumahan), ternyata banjiiiirr.... Ada kali banjirnya selutut saya. Dan parahnya, sebelum bajaj yang kami tumpangi tiba di penginapan, tuh bajaj udah keburu mogok, walhasil kita disuruh turun dengan tidak hormat oleh sang supir bajaj.. hiks... apes benerrr... jadilah kami melipat celana, menjinjing sepatu, nongkrong di tepi jalan, nungguin kendaraan lewat. Untungnya ada taxi yang lewat. Taxi itu abis nganterin orang di perumahan situ. Langsung kita stop dan kita pun melanjutkan perjalanan. Nyampe di penginapan, alamaakkk.... ternyata lantai satu di penginapan itupun sudah kebanjiran. Untungnya kamar kami di lantai dua. Aman sih.... Tapi besok kan belum tentu banjirnya surut??? padahal besok kami sudah harus ke bandara. Setelah diskusi singkat, akhirnya kami memutuskan untuk tidak menginap di situ. Taxi menunggu, kita cuman ambil koper, dan langsung cabut. Untungnya tadi kita belum sempat buka-buka koper. Jadi tingggal angkut deh. =====> penderitaan kedua.

Dan hanguslah uang kami di penginapan itu. Hiks... Tapi nggak ada pilihan lain, daripada besok tambah repot =====> penderitaan ketiga.

Di dalam taxi, malam itu kami muter-muter sekitar 1 jam untuk mencari tempat bernaung. Hiks... Hotel-hotel yang kami tau udah pada penuh semua. Adanya tinggal hotel-hotel berbintang yang pastinya teramat sangat mahal itu. Tak sudilah kita pada waktu itu merogoh kocek yang begitu dalam hanya dalam waktu semalam. Kita pun kekeuh pengen nyari hotel yang nyaman dengan harga yang masuk akal (baca : murah). Akhirnya setelah sekian lama dapet juga di hotel apa ya ??? Suer dah saya lupa nama hotelnya apa. Ada anggrek-anggreknya. Letaknya di pinggir jalan tol. Hotelnya bagus, dan pas ada juga kamar yang murah. Pas ditawarin extra bed karena kami bertiga, kamipun dengan tegas menolak. Hihihihi... dasar emang jaman muda dulu gak mau rugi. Sekarang juga masih ding... !!!!! Bisa juga malam itu kami tidur dengan nyenyaaakkkk.... Sumpah rasanya capeeekkk banget seharian gak istirahat. Besok paginya, kami bangun dengan perut lapar. Nah loh, kami kan gak ada extra bed, jadi yang diijinkan sarapan hanya dua orang saja. Jadi gimana dong??? supaya adil, kami pun memutuskan untuk tidak sarapan dihotel. Kita mau cari makan di luar ajah. Abis mandi, kita keluar hotel, jiaahhh.... gak ada taxi seliweran. Ya sudahlah kita jalan aja menelusuri pinggir jalan tol itu. Untung aja, gak jauh dari hotel, ada penjual mie ayam lengkap dengan gerobak dan kursi plastik bertengger di pinggir jalan tol itu. Wah, rasanya bagaikan nemu oase di tengah padang pasir.... lebaaayyyyy... Yap, pagi ini kami sarapan mie ayam di pinggir jalan, walaupun semalam kami tidur di hotel berbintang =====> penderitaan keempat.

Sorenya, kami siap-siap menuju bandara. Alhamdulillah perjalanan ke bandara lancar, dan kami segera berkumpul dengan rombongan. Semoga penderitaan kami tidak berlanjut....


6 komentar:

  1. salah judul nih kayaknya nno.. harusnya dikasih judul Penderitaan ... ngonooo lhooo...
    wkwkwkwkwkwk *perasaan aku kok selalu menghina dina dirimu di tiap komen yaaa?* ;)

    BalasHapus
  2. Tenang puutt... tak kasih bocorannya yah.. di episode dua nanti tak akan ada penderitaan lagi... hihihihi....
    Menghina dina??? wah kayaknya emang hobimu yak... pisssssss ....

    BalasHapus
  3. Hahaha full penderitaan tp unforgetable moments ya mam :-)

    BalasHapus
  4. Perjuangannya hebat demi sebuah hadiah jalan2 ke LN gratis...xixixixixi...

    BalasHapus
  5. bundit : iya niey, kayak puisinya patkai, deritanya tiada akhir.... tapi bener-bener tak terlupakan memang ...

    BalasHapus
  6. Allisa : huahahhahahaha.... daku terlunta-lunta di ibu kota... memang kejamnya ibu tiri tak sekejam ibu kota...

    BalasHapus