Selasa, 12 April 2011

Empat Sehat Lima Sempurna.....

Mumpung belum dikejar-kejar sama tanggal *nasib pekerja administrasi, berpacu dengan tanggal* mampir bentar mau buat postingan gak penting aaahhh.....

Postingan kali ini berkaitan dengan rutinitas yang tak akan pernah saya tinggalkan.. makan.. yah makan.. *tuuuhh kaaann gak pentiiinggg....*

Saya adalah wanita yang berpostur... mmm.. mmm.. kecil??? gak, bukan ... kurus??? gak juga.. gendut??? no no no... mmm... pendek??? yap... Gini aja deh, intinya, saya adalah wanita berpostur gak jelas.. hehehehe.... Berat badan saat ini 43 kg, tinggi badan dari dulu 147 cm, bersuamikan seorang pria dengan berat badan saat ini 73 kg dan tinggi badan 173 cm. Yah.. kami memang bukan pasangan yang serasi.... *haiaahhh ngelantur, Om Ben ngapain diikutkan dalam postingan ini yak???*

Begini ... dulu, ibu saya selalu berpesan pada saya. Kalo makan itu mendingan sedikit-sedikit tapi sering, daripada sekali-sekali tapi banyak. Jadi berat badannya bisa stabil. Dan ibu saya membuktikannya sendiri. Berat badan beliau dari gadis sampe sekarang usia 58 taon, udah punya anak 3, teteeeeeppp aja berkisar antara 42 - 45 kg. Beliau juga rajin senam, jalan pagi, jadi Alhamdulillah beliau masih enerjik di usianya yang terbilang sudah mulai senja... *I love u, buukkk.... sehat selalu yah...*. Dan saya pun dulu mengikuti apa yang beliau titahkan. Saya kalo makan sedikit. Bukannya bermaksud sedikit, tapi memang porsi saya segitu. Kalo makan di luar, pastiiiii gak pernah abis. Jaman pacaran sama Om Ben, kalo lagi maem bareng, dia akan mendapatkan separuh porsi yang tidak sanggup saya habiskan. Hehehehehehe... Itu duluuu....

Jaman hamil, trimester pertama, hualah.... parah... mabuk berat, semua makanan yang dipaksa masuk pun akhirnya keluar juga. Berat badan saya pun malah jadi turun 3 kilo. Dari 43kg jadi 40 kg. Mulai awal trimester 2 udah rada enakan. Makan udah bisa masuk tanpa harus keluar. Mulai bulan ke 5 udah ilang semua rasa mabuk dan lemas itu. Yang ada pengen makan segalanya. Dan saya makannya bener-bener banyak lho... Yang biasanya 1 porsi gak habis, sekarang bisa habis tanpa merasa kekenyangan. Hihihiihihi.... *wah, itu yang makan fira tuuuu...*. Maka dari itu, berat badan saya selama hamil pun akhirnya naik banyak juga. Posisi terakhir di angka 52 kg. Cukup membuat badan saya terlihat bulat mengingat tinggi saya juga minimalis ....

Setelah melahirkan, saya harus menyusui. Wah, tambah parah tuh. Dalam sehari, saya bisa makan sampe 9 kali. Hihihii.... Gak tau kenapa, tiap habis menyusui mesti bawaannya lapeeeerrr banget. Perut rasanya teriak-teriak minta diisi terus. Yah diikutin aja kemauan si perut. Saya gak mau diet. Karena saya harus menyusui. Oiya, sehabis melahirkan saya timbang berat badan saya cuman turun 3 kilo saja. Masih di angka 49. Biarin. Kata orang, kalo menyusuin, ntar badannya nyusut sendiri. Jadi saya sama sekali tidak ada niatan untuk mengurangi frekwensi makan saya.

Sampailah sekarang, di usia Fira yang hampir menginjak 1 tahun... Berhubung Fira juga masih FULL ASI *anaknya menolak mentah-mentah segala bentuk susu formula*, saya pun masih tetap say no to diet. Frekwensi makan saya sedikit demi sedikit berkurang dengan sendirinya. Yang tadinya dalam sehari saya makan sembilan kali, sekarang cukup lima kali saja dalam sehari *masih kebanyakan yah..???? ah biarin....*. Inilah jadwal makan saya dalam sehari
  • Pagi, sebelum berangkat ke kantor, saya sarapan sepiring nasi, kadang-kadang pake acara nambah, beserta sayur dan lauk pauknya, ditambah susu dan buah.
  • Jam 10-an saya akan ngabur ke kantin untuk kembali menyantap sepiring nasi beserta teman-temannya. Jam segini emang masa-masa kritis saya. Gak bakalan kuat menahan lapar di jam segini. Bisa gemeteran saya.... Oiya, jam segini saya juga harus minum obat pelancar ASI.
  • Siang, jelasss... makan siang dan tak lupa minum vitamin C. Yah, berhubung setelah punya Fira badan saya sering berasa remuk redam, jadi saya harus menjaga stamina dengan rajin minum vitamin C.
  • Sore sepulang kantor, biasanya saya juga akan langsung mengambil piring untuk diisi dengan makanan dan kemudian memindahkannya ke dalam perut saya. Sebagai cemilannya, biasanya akan ada semangkuk kacang ijo *mampir beli kacang ijo di perjalanan pulang*
  • Malam, lagi-lagi kejadian tersebut di atas terulang kembali... hihihihihi.... dan ditutup dengan segelas susu lagi.....
Seringkali saya berpikir dan geleng-geleng kepala sendiri mengingat "jadwal" yang begitu padat ini. Kok bisa yah??? Kok muat yah, perut saya??? Ah, Tuhan memang Maha Kuasa. Dialah yang menciptakan perut yang sangat fleksibel ini... hihihihihihihi.... Dan syukurnya, sekarang, setiap saya nimbang berat badan, maka angka 43,0 lah yang akan muncul di layar timbangan itu... Ah indahnyaaaa.... Bye bye diet......

NB : Bener-bener gak penting ya postingannya.... Judulnya gak nyambung lagi.. Biarin aahhh...

4 komentar:

  1. berat badannya beda tipis sama saya mbak. saya berat 44-45kg, tinggi 159

    BalasHapus
  2. Waaaa.... Mbak Lidyaaaa... Betapa langsingnya dirimu doonnggg..... Kalo saya siey emang pada dasarnya dari jaman dulu gak pernah kurus. Rada-rada bulet gitu... Untungnya setelah punya anak tetep bulet.... hihihihihihihi....

    BalasHapus
  3. Hmmm...sampai sekarang aku belum berhasil menurunkan BB ku :(

    BalasHapus
  4. Sudah, ndak usah... tetep segitu juga udah bagus. Mau diturunin sampe seberapa lagi???

    BalasHapus