Senin, 11 Juni 2012

Kejutan dari Fira

Namanya apa lagi coba kalo bukan kejutan???

Bayangkan yah.... anak saya, yang imut itu, yang teramat sangat pemalu itu, yang anteng bin kalem itu, dipilih untuk ikutan fashion show di acara grand opening sekolahnya. Jujur aja yang deg-deg an malah saya...

Baik, saya ceritakan dari awal yah...

Setelah selesai acara pemotretan di sekolah Fira, ada pengumuman lagi kalo sekolah Fira bakalan mengadakan acara grand opening di hari Sabtu tanggal 9 Juni 2012. Gini niey asyiknya ternyata yah, kalo sekolahnya baru, adaaaa aja kegiatan yang baru-baru nya. Jadi itung-itung trial sekolah buat si bocah, dan ajang kenalan juga buat para ortunya. Dan yang terpenting, di acara grand opening nanti, bakalan ada penampilan dari murid-murid, Ada yang menari, ada yang baca syair, ada yang menyanyi, dan ada yang fashion show. Jadi bagi yang berkenan, tanggal 30 Mei sampai dengan tanggal 8 Juni 2012, anak-anak diajak ke sekolah setiap jam 8 pagi buat latihan. Saya gak mau ketinggalan doonnggg..... Walopun saya sangat sadar kalo anak saya ini pemalu dan paling kecil, beda dengan teman-temannya yang sudah lebih besar dan lebih mengerti serta lebih berani. Tapi gak papa lah, dicoba aja. Tujuan saya Fira siey gak tampil kalo anaknya sendiri nggak mau. Cuman biar lebih mengenal sekolahnya aja. Jadi maksud saya, sembari temen-temennya nanti latihan untuk tampil, Fira biarin aja bermain bebas di sekolahnya...

Jadilah pagi-pagi keesokan harinya, kami sibuk lagi nyiapin Fira yang bakalan ke sekolah. Syukurnya Fira masih semangat waktu tau kalo pagi ini dia musti ke sekolah lagi. Kali ini saya cuman mengantar saja. Fira di sekolah ditemenin mbah putrinya. Jam sepuluh nanti baru deh saya jemput.

Jam setengah delapan pagi kami sudah siap, dan berangkaaaattttt...... Sampe sekolah masih sepi, lumayan deh Fira jadi bebas bermain sambil disuapin karena di rumah kan blom sempet sarapan. Tapi sarapan dan bermainnya sama mbah putri aja ya nak, mama kan musti ke kantor... hehehehehe....

Jam sepuluh saya jemput Fira dan saya antar pulang ke rumah, trus saya balik kantor lagi deh. Selama di perjalanan dan di rumah, mbah putri dan Fira cerita kalo ternyata Fira mau ikut semua kegiatannya. Menari, fashion show, dan baca syair. Wkwkwkwkwkwkw.... Pada dasarnya yah, dia mau ikutan semuanya, tapi kegiatan pertama dan ketiga dicoret sama gurunya dengan alasan sebagai berikut : kalo menari, Fira belum bisa menyeragamkan gerakan, gerakannya masih semau gue, dan parahnya lama-lama keluar barisan tanpa disadari, walopun acara keluar barisannya juga sambil menari semau gue. Kalo untuk baca syair??? wkwkwkwkwk... gak usah ditanya laahh... wong ngomong aja blom jelaaasss..... jadilah Fira fokus di satu penampilan ajah, fashion show...

Saya terheran-heran sendiri deh sama Fira. Masak iya, Fira berani fashion show?? Doi kan pemalu. Tapi kata mbah putri, dia pas latihan tadi berani tampil lenggak lenggok senyum sana senyum sini, bahkan ada giliran temennya yang nggak mau maju, eh Fira lagi yang maju. Hihihihihihi.... Semua dibuat gemes sama Fira. Soalnya kan Fira paling kecil *terus aja bangga-banggain anak sendiriiiiii....... Ada lagi yang lucu, waktu latihan, kan bu gurunya ngajakin anak-anak biar maju bareng-bareng. Bu gurunya ngasih aba-aba menghadap si anak-anak sambil berjalan mundur. Maksudnya biar anak-anak ngikutin bu gurunya, gitu. Eh si Fira malah ikut-ikutan jalan mundur... Oalah naaakkk.... emang yah, pada dasarnya belum ngerti kali yahh... Wis gak papa lah, di"iya"in dulu aja ikut fashion show nya, walopun saya yakin banget pas hari H nya nanti, dijamin halal Fira gak mau maju.... Kan rame banget pastinya....

Tiga hari berturut-turut siey Fira berkelakuan manis sekali. Sampe di hari Sabtu, saya nemenin Fira latihan, dan dia nggak mau maju sama sekali. "Sama mama aja, duduk disini". Begitu katanya. Jiaaahhh..... ampun deehhh... kumaaattt malunya. Ya udahlah, saya juga gak mau maksain Fira. Palingan ntar Senin, kalo gak ada mamanya, Fira mau lagi.

Dan ternyata di hari Senin sampe Rabu, Fira gak mau maju, sodara-sodara. Fira bilang sama mbahnya "liyat-liyat aja ya mbah". Lah... repot dong.. mendekati hari H malah anaknya mogok. Ya udahlah, dari awal juga kan saya sudah mengikhlaskan kalo kejadiannya bakalan kayak gini.... Sabaarrr.... semoga ada kejutan manis buat saya esok hari yah....

Besoknya, hari Kamis, begitu juga hari Jumat, ternyata bukan kejutan manis yang saya dapatkan. Malah tambah parah niey. Fira malah nggak mau ke sekolah. "Nonton Barney aja". Ampun deeehhh..... ya sudahlah daripada saya tambah nangis-nangis darah maksain dia sekolah.... Ni anak walopun anteng gini yah, kalo udah bilang "nggak" ya jadinya bener-bener "nggak", bukan berarti bisa dirubah jadi "nanti". Ya sudahlah saya pasrah saja sambil terus berharap ada kejutan manis buat saya. Tak lupa saya terus berdoa sama Tuhan dan juga curhat sama Om Ben.

Tanggapan Om Ben??? Beliau malah tertawa terbahak-bahak. "Lah ndut kayak nggak tau Fira aja, kalo dah punya mau kan mesti diturutin. Lagian Fira kan anaknya bosenan n gak mau disuruh-suruh, jadi dibiarin aja dulu, diikutin dulu apa maunya, wong masih  kecil ini, belum ngerti banget. Sekolah juga kita yang maksain."
Glekkk..... iya juga yah?? apa artinya keputusan saya dan Om Ben untuk menyekolahkan Fira di usia yang sangat dini ini salah yah? Apa artinya ini Fira bener-bener belum siap untuk bersekolah yak?? Tiba-tiba aja saya inget kalo Fira memang anaknya gak terlalu suka kalo disuruh-suruh, apalagi kalo disuruh mengulang-ngulang apa yang sudah dia bisa. Misalnya niey yah, Fira udah tau huruf ini dan huruf itu. Tapi kalo ditanyaiiinnn terus-terusan, yakinlah dia gak bakalan mau jawab. Mungkin bukan anak kecil aja kali yah, kita yang udah gede aja males kalo ditanya-tanyain terus yah.
Nah mungkin ini kasusnya sama dengan acara latihan fashion show. Fira ngerasa udah bisa dan udah bosen tiap hari nggak di rumah nggak di sekolah disuruh ulang-ulang gaya fashion show nya mlulu. Tapi ini hanya mungkin yah.... Satu-satunya harapan saya ya pas hari H nya nanti... Entahlah....

Oh iya, selingan dikit lah ya... karena untuk fashion show ini bajunya adalah baju muslim, dan karena Fira ternyata sampe saat ini juga blom punya koleksi busana muslim, maka jadilah saya dan mbah putri dan Fira berburu busana muslim. Kriterianya??? gak ada, yang penting ada yang cukup aja buat Fira. 

Malam Sabtunya, sehari sebelum hari H, udah dibaik-baikin tuh si Fira, dibilangin kalo besok Fira ke sekolah yah, pake baju bagus, trus jalan-jalan di panggung, nanti mama sama bu guru tepuk tangan. Pinter deeehh.... yah, segala macem bujuk rayu deh buat si artis cilik ini... hehehehehe... Sampe akhirnya dia mau juga nyobain bajunya, tapi jilbabnya ajah......


Gimana ??? anak saya cantik gak??? hihihihihihihi.........

Malem itu tidur saya nggak nyenyak. Saya telfon Om Ben malah diketawain abis-abisan, katanya saya lebay. Iya yah?? saya lebay yah?? padahal kan seharusnya saya ikhlas yah kalo anak saya gak mau tampil juga gak papa kan yah, tapi entah kenapa saya masih saja berharap, boleh kan???

Paginya, Fira bangun pagi. Alhamdulillah... diajakin mandi, maunya mandi di kolam renang jerapahnya. Wadooohhhh......... Alhamdulillah waktunya masih panjang, jadi ayo aja dehhh... Moodnya dijaga abis deh, hehehehehehe... Dipakein baju muslim Alhamdulillah manut-manut aja walopun sempet protes, maunya pake baju rumah aja, kaos sama celana pendek, wadooohhh..... Eh, protesnya agak alot juga siey, ngebujuknya lumayan lama juga. Akhirnya mau juga niey anak. Ini dia Fira dalam balutan busana muslimnya....


Alhamdulillah sampe sekolah ni anak biasa aja, maksudnya nggak nemplok sama mamanya, tapi mau aja main sama temen-temennya, mau juga foto-foto sama bu guru n temen-temennya...



Alhamdulillah anaknya ceria-ceria aja. Foto-foto ini diambil pada saat acara resmi grand opening dilaksanakan. Acaranya antara lain sambutan dari pemilik yayasan, sambutan dari kepala sekolah, sambutan dari kepala Dikpora kota Mataram, eh kok dikpora siey... kepala dinas pendidikan kota Mataram... eh, apalah itu, saya lupa. Trus ada juga performance berupa paduan suara n drum band dari para guru. Seru deh *padahal anak-anaknya juga seru-seruan main sendiri.

 Penampilan para guru yang cantik cantik

Tibalah saatnya penampilan dari para murid. Ada yang menari, ada yang baca syair, macem-macem deh kelakuan anak-anak ini. Ada yang baca syair, pas dipanggil namanya tiba-tiba nggak mau maju. Hihihihihi... Sama aja yah ternyata. Yang nari juga lucu, ada yang ke kanan, ke kiri, hihihihi... khas anak-anak banget. Dan giliran fashion show, pas temen-temen Fira pada naik ke panggung, tiba-tiba saja keajaiban yang saya nanti-nantikan datang begitu saja. Fira langsung menggeret saya supaya saya berdiri paling depan, dan dia nyelonong sendiri naik ke atas panggung, berjejer dengan teman-temannya. Weits..... saya jadi melayang rasanya. Seneng bangeeettttt..... Pas gilirannya juga Fira mau jalan berlenggang lenggok lho... Waaakakakakakakakaka... Saya legaaaaaaaaaa sekali. Anak sayaaa.... itu anak sayaa....... Hiks,,, senang sekaligus bangga, sekaligus terharu rasanya melihat si bocah ternyata sudah besar. Bahagia sekali melihat Fira, yang walopun usianya paling kecil, gak kalah berani dengan para kakak-kakak yang lainnya. Malah ada ibu-ibu yang bilang ke mbah putri *si ibu ini nggak tau kalo Fira itu adalah cucunya mbah putri. Si ibu itu bilang begini "eh, itu yang kecil itu hebat deh, padahal umurnya baru dua tahun lho....". Mbah putri pun kembang kempis juga idungnya denger cucunya dipuji macam begini. Hihihihihihi........

Eh, tapi jangan ngebayangin yang bagus-bagus banget yah, namanya juga anak-anak. Tetep aja fashion show nya amburadul. Tapi gak papa lah, yang penting berani tampil dulu.....

Ini dia fotonya....

Fira (pegang balon) naik ke panggung

 Menunggu giliran

 Aksi Fira ....

Aaahhh senangnya saya hari ini.... Terimakasih Ya Allah... Jangan bosan berikan kejutan manis untuk saya yah......
 



7 komentar:

  1. guru2nya juga ikutan narsis difoto ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya yah... gak gurunya, gak muridnya, gak emaknya, narsis semua, hihihihihi

      Hapus
  2. wah, keren! kecil2 sudah berani tampil ya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... padahal aslinya anaknya pemalu banget lhooo

      Hapus
  3. Fira pinterr!!

    seneng ya No kalo liat anak berani dan gak pemalu, moga sampe gede pun Fira selalu jadi anak yang percaya diri yaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin... doanya ya Lis...
      Soalnya, pada dasarnya, Fira tuh anaknya pemalu... Semoga ada manfaatnya deh disekolahin, terutama menumbuhkan rasa percaya dirinya....

      Hapus