Selasa, 15 Februari 2011

My baby was born in the water... Waterbirth maksudnya.... part 1...

Ya Ampun... Ternyata sudah lama juga saya gak update blog ini. Terakhir nulils, saya lagi hamil. Padahal sekarang Fira udah mau 10 bulan.. hehehe... Malah saya hampir lupa kalo punya blog. Passwordnya baru keinget tadi.. *inikah tanda-tanda penuaan dini???*


Ya sutralah... pada akhirnya saya sukses masuk ke blog ini. Nah, permasalahan selanjutnya, saya mau cerita yang mana yak??? Jadi basi semua siiyyy gara-gara kelamaan.... Mmmmm.... Kebetulan siang tadi saya dapet message dari temen via fb, tanya-tanya tentang waterbirth ke saya. Yap, saya dulu memang ambil waterbirth pas ngelahirin Fira.... Jadi saya pengen mengingat-ingat sambil mengenang kembali pengalaman unik itu deh. Kenapa unik? karena saya baru pertama kali melahirkan. Selain itu, terbilang masih jarang kan, ibu yang bisa melahirkan dengan metode waterbirth??? *beeuuuhhhh*.... So.. let me start to memorize my story.....

Tanggal lahir Fira diperkirakan dokter tanggal 5 Mei 2010. Dan mulailah saya menghitung-hitung kapan saya harus mengambil cuti melahirkan yang 3 bulan itu. Yap, karena alasan fasilitas dan teman-temannya, saya memilih untuk melahirkan di Denpasar, kampung halaman plus rumah orang tua saya, bukannya di Bima, domisili saya sekarang. Selain itu, saya kepingin lahiran pake waterbirth. Jadi tetep musti melahirkan di luar Bima kaaan.... Akhirnya saya dan suami memutuskan ambil cuti 1 bulan sebelum HPL dan 2 bulan sesudah HPL. Banyak yang bilang "kenapa sih, kok cepet-cepet cutinya? nanti anaknya baru 2 bulan udah mesti ngantor lagi lhooo.... Kan sayang...". Biarin aaahhh... saya kan pengen jalan-jalan dulu sama suami sebelum melahirkan. Maklumlah, selain saya dan suami tinggal berjauhan (saya di Bima, NTB dan suami di Bogor... ngenes yah), di Bima juga gak ada mall dan tempat-tempat indah buat saya kunjungi. Jadi saya dan suami janjian ketemuan di Bali. Yap, suami saya sudah berjanji buat menemani saya jalan-jalan plus menunggui saya melahirkan. Membayar "hutang" karena gak bisa berlama-lama menemani saya pada masa kehamilan. Asyiiikkk...... Jadi tangal 2 April 2010 saya berangkat dari Bima ke Denpasar, trus suami saya tanggal 4 April menyusul saya dari Bogor ke Denpasar....

02 April 2010

Yap, urusan rumah beres. Rumah saya tinggal dalam keadaan bersih dan rapi harum mewangi..... dan ada si Rahma (ART yang TOP) yang bakalan nengokin dan bersih-bersih rumah selama saya tinggal nanti. Jam 1 siang saya meluncur ke Bandara Sultan Salahuddin-Bima dianter sama Pak Burhan, supir kantor, naik mobil kantor... hehehehehe. Jam 14.00 WITA saya sudah di pesawat Merpati, terbang menuju bandara Ngurah Rai-Denpasar. Nyampe di Denpasar, saya dijemput sama bapak n ibu, dan langsung menuju Matahari Duta Plaza... Jalan-jalan plus makan sore... ( tau ajah anaknya dari kampung, pengennya liyat mall )....


siyap terbang ke baliiiii.......

dan ketemu ibu (bapak yang take this pic...)


03 April 2010

Berhubung hari ini hari Sabtu, orang-orang rumah (baca : bapak, ibu, kakak n kakak ipar n keponakan saya yang bernama Raka) pada libur, maka agenda kami hari ini adalah jalan pagi di Renon. Yah.. Renon ini kawasan perkantoran di Bali. Disini juga ada tempat olahraga yang luaaaassss buat jalan pagi ato jalan sore, ada yang sepak bola... Tempatnya nyenengin buat olah raga. yang jual jajanan juga banyak. Ini nih yang bikin tambah semangat berolahraga ke Renon meskipun musti bangun pagi.. hihihihi.... Udah lamaaa gak ngerasain jajanan di Bali. Sehabis olah raga, saya maunya langsung periksa kandungan ke Rumah Sakit Bersalin Harapan Bunda, tinggal nyebrang dikit dari tempat olah raga. Yap, disinilah fasilitas waterbirth bisa anda dapatkan di Bali, selain di Yayasan Bumi Sehat di Ubud. Saya pilih di RSB Harapan Bunda karena letaknya yang lebih dekat dengan rumah saya. Kalo di Ubud, jauuuhh.... 1 jam lah dari rumah saya. Keburu mbrojol dong ntarrrr... hehehehehe.... Selain itu, saya juga mengantisipasi seandainya nantinya saya gagal melahirkan normal. Nah kalo pada akhirnya musti SC, kan disini juga ada, jadi bisa langsung di tangani. Tapi tetep berdoa semoga bisa sukses dengan rencana waterbirth.... Saya konsultasi dengan dr Dwi Pelita Putra. Setelah di cek, semuanya ok, posisi kepala sudah terkunci di jalan lahir, tali pusar rapi, jadi sangat memungkinkan untuk melahirkan normal. Alhamdulillah, semoga jadi lahiran di kolam ya nak.....

Tebak tebak.... yang hamil yang kanan ato yang kiriii.....

kompakan ber pinky ria sama ibu....

lumpia... lumpiaa... yang model gini adanya cuman di Bali...

laporan ke Om Ben yang masih di Bogor (mukaku jelek amaat....)

04 April 2010

Yiiihhhaaaaaaa....... mau jemput Om Ben aliyas si papaaa..... Papa nanti mendarat jam setengah sembilan pagi ini, naik Lion Air. Bangun pagi, mandi cibang cibung, n berangkaaattt ke bandara sama Bapak. Karena terlalu semangat, nyampe bandara kepagian. Papa masih otw di awan... Jadilah saya n bapak jalan-jalan dulu di bandara. Jalan sampe ke bagian bandara internasional. Udah banyak pembangunan yang menyebabkan bandara ini menjadi begitu luaaaaasssss ternyata. Lumayan juga, berasa olah raga pagi... hihihi....

itu sambil telfonan sama kakak saya yang di Klaten...

Jam sembilan kurang sekian akhirnya papa keluar juga dari persembunyiannya....

saya foto sambil nyempil di pojokan, si papa gak liyat.... xixixixi...

Saya, bapak, sama si papa meluncur pulang buat sarapan, trus rencananya mau lanjut jalan-jalan bareng sekeluarga. Agendanya mau berenang di Yeh Panas, di Tabanan. Yup, kolam dengan sumber mata air panas.... UUUhhhhh gak sabbaaarrr..... Udah lama gak berenang. Yang di rumah udah pada siap-siap piknik tuh, nyiapin baju ganti plus bekal buat jalan-jalan nanti.

Nyampe rumah, sarapan, ngobrol-ngobrol sebentar, dan siyaaappppp pergi menjelajah Pulau Bali.. hehehehehe... Kami konvoi 2 mobil. Kalo dijadiin di 1 mobil, jadi pepes dong... hehehehe.... Secara bapak saya gak punya mobil keluarga. Adanya mobil sedan dan mobil tempur, alias mobil taft karena beliau masih aktif kerja di lapangan. Jadi tetep butuh mobil tempur katanya. Di mobil sedan ada saya, papa, kakak dan kakak ipar saya. Di mobil taft ada bapak sama ibu. Nah kalo keponakan saya, Raka, pindah-pindah mobil. Tergantunmog mood pengen ikut siapa.... Bahagiaaa.... bisa berkumpul sama keluarga. Ada yang kurang sih. Keluarga kakak saya yang kedua, gak ikutan. Mereka di Klaten siey. Rencananya ntar aja pas saya udah lahiran baru dateng. Lagian lahirannya masih bulan depan. Kelamaan dong kalo nungguin dari sekarang... Dan jadilah jalan-jalan bahagia keluarga kami di hari itu.....

siyap berenang, om?? teteeepp gak boleh pisah sama tank top, eh laptop..


Ini dia.... salah satu dari beberapa kolam di yeh panas, Tabanan, Bali...

Balapan renang sama kakak dengan perut buncit.... Tetep kalah...


weee... Om Ben curang, gak mau nyemplung....

Puas deh berenang-renang di Yeh Panas.. Oiya, di Yeh Panas ini ada beberapa kolam dengan kadar panas yang berbeda. Ada yang panas, hangat, dan dingin. Jadi boleh pilih mau berenang di kolam yang mana. Kalo saya sih pindah-pindah.. Pengen menikmati semuanya.. hehehehe... Siang menjelang sore kita cabut dari situ... Di perjalanan pulang, Bapak saya dari mobil depan telfon. Beliau usul "gimana kalo kita sekalian mampir ke Tanah Lot aja... nongkrong nongkrong sore gituu..."... Ya jelas pada setuju laaahhhh....
Di Tanah Lot kita nongkrong-nongkrong plus foto-foto aja. Udah gak tertarik berbasah-basahan lagi. Udah puas tadi di Yeh Panas... Taraaa... Ini dia keluarga kami pas di Tanah Lot....




Foto kakak n kakak ipar saya kok gak keliyatan yak??? pada gak doyan di foto tuuuuhhh..........

Yap... hari ini sungguh hari yang panjang, melelahkan sekaligus menyenangkan.. sangaat..... Dikelilingi orang-orang tercinta, dengan hati bahagia menanti putri kecilku datang ke dunia...
Hari ini mau istirahat dulu karena besok-besok masih banyak rencana......

7 komentar:

  1. Loh mba'e rumah di Bali to??

    Water bith yang sering aku denger bagus di yayasan Bumi Sehat plus nama2 bidan nya.

    Wah sudah ga sabar ke Bali lagi negh.
    Akhir Juni ini kami liburan kesana, tiket nya bahkan sudah kebeli sebulan yang lalu, hehe.

    BalasHapus
  2. Yupe... Aku dari lahir di Bali. Iya Yayasan Bumi Sehat bagus. Dia sosial juga, jadi terserah bayar berapa ajah.... Tapi ya itu, rada jauh dari rumah... jadi pilih yang deket ajah....

    Ayo ayo ke Bali lagi... Aku juga udah gak sabar pengen pulang kampung.... :p
    Tapi kok blom ada libur yak...

    BalasHapus
  3. wah selamat !! tuh kan bisa...hehe

    Akhirnya bisa kan masukin link para blogger ke blog mu jenk.
    Selamat menulis :)

    BalasHapus
  4. Ya ya ya..... tengkyu yak jeng... ntar kalo bingung-bingung, kuganggu via fb lagii... xixixixi....

    BalasHapus
  5. mana mana lanjutannyaa????!!!!!
    hohohoho nennooonk, seneng deh aku baca blog mu, kayak cerita langsung aja sama dirimyu...

    BalasHapus
  6. Enno...hehe...dari kemaren aku udah baca blog mu tp kmrn kok gak bisa ngasih komen yah??

    Lanjutan ceritanya mana, say??? Hehe...kemaren kan waktu ketemu di Jogja dirimu hanya cerita sekilas aja, jadi pengen nih tau sejarah lengkap kelahiran si Fira :D

    Salam buat Fira ya say :)

    BalasHapus
  7. Puti n Allisa : sabar pren, lagi sibuk.. "BO'ONG BUANGEEETTTT".... Ya gini deh kalo gak bakat nulis, jadi kelamaan mikirnya kalo mau cerita.. hehehehehe.... Ntar ya, aku berjuang menyelesaikan cerita dulu.. Doakan aku yah....

    BalasHapus