Rabu, 30 Januari 2013

Tentang Penipuan.. ????

Jadi orang emang harus ati-atiii banget biar gak sampe ketipu yah,,,, orang-orang jaman sekarang kayaknya emang banyak yang hobi menipu....

Kapan hari lagi BW ke tempatnya Allisa, dan menelusuri semua tulisan yang dirujuknya, ternyata lagi pada heboh penipuan dengan pelaku yang sama....

Saya jadi terinspirasi buat cerita-cerita masalah penipuan niey....

Cerita Pertama

Beberapa bulan yang lalu, salah seorang temen kantor saya dapet telfon dari seseorang yang mengaku sebagai salah satu guru di sekolah anaknya. Dari sekolah anaknya bilang kalo anaknya temen saya itu kecelakaan di sekolah, sekarang lagi di rumah sakit, dan butuh uang Rp 19 juta, dan harus ditransfer saat ini ke rekening bla bla bla... Temen saya panik sambil nangis-nangis, trus meluncur ke Rumah Sakit. Sampai disana baru sadar kalo anaknya gak ada, trus baru ngecek ke sekolah anaknya, dan Alamdulillah anaknya ternyata sehat-sehat saja. Nyeessss..... barulah sadar kalo mereka ternyata baru kena penipuan. Dan bagian gak enaknya, ternyata mereka sudah terlanjur transfer ke rekening bla bla bla itu sebanyak Rp 9 juta.... Nah loh.... Jadi pelajran deh buat saya. Kalo besok-besok kejadian itu menimpa ke saya, maka seharusnya :
  1. Saya tarik nafas dulu menenangkan diri.
  2. Langsung saya telfon gurunya Fira (catet yah, paling nggak kita memang harus punya nomor salah seorang guru di sekolah anak kita), konfirmasi kebenaran beritanya.
  3. Kalo gak puas ato gak mau telfon, ya sebaiknya ngecek ke sekolahnya dulu, jangan langsung ke Rumah Sakit. Soalnya kabar terbaru, kalo misalnya kita ke Rumah Sakit, biasanya di sana sudah ada komplotan para penipu yang akan menyambut kita dan menggiring kita ke ATM dan mentransfer sejumlah uang ke rekening mereka tanpa kesadaran dari kita, alias di hipnotis....
Cerita Kedua

Kemarin, salah seorang temen di kantor dapat SMS yang mengaku dari Telkomsel. Di SMS itu disebutkan kalo beliau mendapat hadiah utama sebuat mobil Toyota Avanza, dan pengumumannya sudah dilaksanakan di salah satu stasiun televisi swasta pada pukul 23.00 (anehnya, gak dikasih tau tanggal berapa, cuman jamnya ajah). Trus untuk memastikan bahwa sang korban benar-benar sebagai pemenang, kita disuruh cek ke salah satu website. Websitenya miriiiippppp banget sama website resmi Telkomsel. Dan Nomor HP si korban memang benar-benar tercantum di website itu. Temen saya percayaaa banget dan langsung pesan tiket ke Jakarta untuk malam harinya untuk ngambil hadiahnya. Tapi untung aja ada salah seorang bos yang mengingatkan kalo sekarang lagi marak penipuan dari pihak yang mengaku dari Telkomsel. Langsunglah pada cari-cari informasi, dan ternyata benar ajah. banyak yang sudah jadi korban. Jadi, hati-hati yah..... Jangan gegabah ....

Cerita Ketiga

Minggu lalu, saya lagi main-main ke mall. Sementara Fira lagi naik kereta api, saya ambil uang dulu di ATM. Sehabis saya ambil duit di ATM, tiba - tiba ada mas mas yang nyamperin saya. Minta tolong buat transfer ke rekening bla bla bla sejumlah Rp 750 ribu, karena lagi butuh banget, sementara dia akan menggantinya dengan uang cash. Saya yang rada berpikir negatif dan sedikit waspada, langsung menolak dengan alasan bahwa saya baruuu aja selesai ambil uang dan saldo saya nggak sampe segitu. Jaman sekarang ati-ati lho.... Soalnya marak juga berita kalo yang model kayak gitu itu, ternyata uang cash yang dia kasih ke kita itu adalah uang palsu.... Jadi bukannya saya pelit gak mau bantu orang, tapi wasada harus dong yah...

Yah, semoga kita semua mulai hari ini dan seterusnya jauh - jauuuhhh deeeehhhhh dari yang namanya penipuan....

Selamat siang, Selamat bekerja kembali...

8 komentar:

  1. itu yang temen kantor siapa yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu yang di cerita pertama si Mbak Dwi kang... sempet denger kan??? Yang di cerita kedua, Pak Heri...

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Jaman sekarang ya, orang makin kreatif menciptakan ide2 penipuan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hu um... musti extra hati-hati kayaknya niey

      Hapus
  4. hmmmm iya sekarang modus nipu banyak banget ini itu..
    walah malah kayaknya hampir tiap hari dapat sms..yang bunyinya...tolong yah ditransfer kerekening nomer skian sekian...gitu thok..?? bingung kan..ini sms apa..yo karnea nggak ada transaksi apa apa yo di biarkan saja ...di ignore gitu.semoga ktia terlindungi dari hal hal jahat penipuan dan mara bahaya yah...tetap waspada dan berhati hati..
    sun buat fira yah :)

    BalasHapus