Kamis, 24 Mei 2012

Buat SIM??? Perpanjang SIM??? Say No to CALO !!!!!!!


Yap, jadi salah satu agenda saya menghabiskan long weekend di Bali adalah untuk memperpanjang SIM C. Kalo SIM A masih taon depan abisnya. Kok di Bali??? iyap, saya memang bukan warga negara yang terlalu baik. Hihihihi... Walopun sudah tidak berdomisili di Bali sejak taon 2006, tapi KTP saya masih KTP Denpasar, jadi ngurus apa-apa musti ke Denpasar deh.... Sekalian mudik lah... Sekarang mau ganti KTP juga males, ntar lagi udah e-KTP kan yah.... *walopun sampe sekarang saya juga blom dapet undangan untuk buat e-KTP.

Hari Jumat, 18 Mei 2012, di saat kantor saya ada cuti bersama, ternyata Kantor Polisi, khususnya jasa pembuatan SIM tetep buka lho.... Tadinya kalo gak buka, saya mau buat SIM nya di tempat pembuatan SIM keliling ajah. Udah nyari info siey, yang deket sama rumah saya ada di mobil keliling di daerah Kerobokan, ato ada juga di carrefour. Canggih yah sekarang..... Tapi karena Poltabesnya juga jauh lebih deket dari rumah saya, maka saya pilih langsung ke Poltabes ajah..... 

Seperti judul di atas, kalo sodara-sodara sekalian mau bikin SIM ato perpanjang SIM, gak usah pake calo deeehhh... urus sendiri ajah cepet kok, asal persyaratannya lengkap.... Berikut persyaratannya :
  1. Surat Keterangan Sehat, saya nyarinya di PUSKESMAS terdekat. Biayanya Rp 21.000,-... Jangan lupa difotocopy satu kali. Untuk Surat Keterangan Sehat ini sepertinya memang persyaratan yang baru yah, saya sudah dua kali mengurus perpanjangan SIM (saya udah punya SIM dari taon 1997, saat saya kelas 3 SMP, nyuri umur, atas persetujuan orang tua... hehehehehe.....), baru kali ini ada persyaratan harus melampirkan Surat Keterangan Sehat. Sebenernya di Kantor Polisi itu sendiri juga disediakan layanan untuk Cek Kesehatan, biayanya Rp 25.000,- tapi terkadang gak ada petugasnya. Makanya, biar aman, mending cari di PUSKESMAS aja. Malah di beberapa PUSKESMAS, Surat Keterangan Sehat hanya dikenakan biaya Rp 6.000,-. Apes aja saya kena biaya mahal....
  2. Fotocopy KTP daerah setempat, sebanyak satu kali juga.
  3. SIM yang akan diperpanjang, asli dan fotocopy.
  4. Mengisi formulir
  5. Biayanya Rp 75.000,- untuk perpanjang SIM C, kalo buat baru, lima taon lalu seinget saya Rp 165.000,- gak tau sekarang, kalo untuk buat SIM A, empat taon yang lalu biayanya sekitar dua ratus ribuan.... *lupa juga. 
Gampang kan persyaratannya???? Gimana dengan prosesnya???? Mari kita simak 
  1. Isi formulir yang tersedia, udah disediakan meja dan pulpen kok, tapi lebih amannya BAWA PULPEN SENDIRI ajah.... Takutnya rebutan.
  2. Setelah formulir diisi dengan benar, bawa formulir beserta segala persyaratannya ke Bank untuk membayar biaya sebesar point 5 di atas. Bank nya juga udah ada di tempat pembuatan SIM itu kok, jadi gak perlu ke luar lagi.
  3. Serahkan formulir, persyaratan, dan bukti setoran Bank, ke loket 1 (loket penyerahan formulir).
  4. Tunggu aja dulu sambil duduk-duduk santai. Kalo udah dipanggil, langsung ke ruang data untuk mencocokkan data yang telah mereka input sesuai dengan formulir yang sudah kita isi. 
  5. Kalo data sudah oke, kita ke ruang Foto. Di dalam ruang Foto, selain dilakukan sesi pemotretan, kita juga disuruh tanda tangan dan cap jempol. Jangan lupa senyum yah, soalnya SIM nya bakalan berlaku sampe lima taon. Kalo fotonya jelek, ntar pas ada razia jadi gak pede lhooooo....
  6. Selesai foto, duduk santai dulu menunggu panggilan dari ruang produksi SIM. Gak lama, jadi deehhhh SIM nyaaaa....
Tau gak??? total waktu yang saya butuhkan di Kantor Polisi itu hanya DUA PULUH menit. Yap,,,, sebentar banget kaaannnn???? Asalkan persyaratannya lengkap, maka prosesnya pun cepat, gak lama..... Jadi inget yaaa.... please Say No to CALO !!!!!!!......

14 komentar:

  1. Wah kok sama sih aku juga abis urus SIM n biayanya jg segitu beda di surat kesehatan aja Rp. 17.000,00 cepet juga

    Maju terus ya urus serba gampang hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaahhh mahalan aku 3 rebu dong mbak.... hehehehehhe

      Hapus
  2. loh gak pakek ujian teori ama praktek tah?

    BalasHapus
  3. kok ada yg bilang nunggunya 1 1/2 jam ya? :) (*liat di blog seberang*). ya semoga aja tdk ada calo bertebaran. termasuk pak/bu polisinya yaaaa ;)

    BalasHapus
  4. kemarin saya sempat ke sim corner di carrefour.. udah antri lama, eh ternyata kalau mau perpanjang harus sim nya mati hari itu aja, atau sudah lewat.. yang belum mati ga boleh.. hiks..

    denger2 poltabes ini buka hari sabtu juga ya?? soalnya kalau kerja, susah ijin keluar nya..

    btw, thanks for sharing mbak.. nice info.. =)

    BalasHapus
  5. Gimana sih caranya biar gak kena calo ? Soalnya di hati udah niat gak pake calo tap taunya pas sampai di polres eh pak polisinya yang jadi calo.
    Kalau aparatnya saja sudah jadi calo, gmana kita bisa jd jujur ? Krn kita pasti bertanya pada mereka, tp yg ditawarkan malah jasa calo.
    Pengalaman saya, tanpa ditanya apakah kita maw calo atau tidak pun, mereka langsung saja mengurusi dokumen kita. Jadi sama saja kita pakai calo juga ujungnya.

    BalasHapus
  6. Asuransi nggak bayar ya ?
    Wah kok saya ada bayar asuransi ya ?

    BalasHapus
  7. K poltabes pake tes skrg. Trua klo gk lylus dy jd calo... males dh. Mending cr sim keliling ajaaa...

    BalasHapus