Rabu, 30 Maret 2011

Sahabat : Dari dulu... Sekarang... Selamanya...

Lagi pengen menceritakan tentang diri saya dan para sahabat, di tengah-tengah tulisan tentang perkembangan Fira dari bulan ke bulan. Mama mau nampang dulu ya nak.....


Saya itu orangnya cenderung 'pendiam' di awal pertemuan dengan siapapun. Di awal??? Iya... soalnya, setelah kenal dekat, baru deh ceriwisnya keluar. Hahahahaha... Yah, saya orangnya suka gak bisa membuka pembicaraan dengan orang yang baru dikenal. Tapi kalo sekalinya kenal, ya udah, bakalan dekeeettt selamanya. Ini yang menyebabkan saya punya masing-masing sahabat di setiap masa perjalanan saya. Ini dia para sahabat saya, dari masa ke masa *haiaaah kayak judul acara lagu2 jadul kegemaran ibu saya*...
1982 - 1992
Sahabat saya ini namanya Vina Rahmawati. Ya gak bener-bener dari lahir juga siey saya temenennya. Cuman seinget saya, dia adalah sahabat pertama saya. Kami dulu tetanggaan. Usianya 1 tahun lebih tua dari saya. Kompak banget sama Vina ini. Kita sekolah di SD yang berbeda. Tapi tiap pulang sekolah kami wajib bertemu. Main bareng. Baju pun sering kembaran. hehehehe.. Maklumlah saya dan Vina sama-sama anak cewek satu-satunya di keluarga. Saya anak bungsu, Vina anak sulung. Jadi ngerasa kompak ajah. Sama-sama gak punya sodara cewek. Kami sangat aktif mengisi acara di setiap perayaan lingkungan perumahan. Contohnya di acara 17an. Kami gak pernah absen mengisi acara. Menari. Hobi saya waktu kecil. Hihihiihi.... Taon 1992, pas saya kelas 5 SD, saya pindah rumah. Gak jauh juga sih, 2 km dari rumah sebelumnya. Tapi otomatis kami jadi jarang ketemu, jarang maen bareng lagi. Tapi kadang-kadang masih maen bareng. Di SMP dan SMA, saya jadi adik kelasnya Vina. Jadi masih sering ketemu laah... Nah, lulus SMA, Vina akhirnya pindah. Kabarnya ke Lampung. Dan karena waktu itu belum ada HP apalagi internet, akhirnya hilanglah sudah jejak sahabat saya itu.... Kamu sekarang di mana ya Vin?? Apa kabarnya?? Semoga suatu saat nanti kita ketemu lagi yah.... Kangen..... Udah coba search dari jaman friendster sampe facebook, gak ketemu juga....
#gak bisa memajang fotomu, soalnya fotonya ada di album foto, di rumah Bali... #

1990 - 1994

Tahun 1990, saat saya kelas 3 SD, di sekolah saya ada anak pindahan dari manaaa gitu *saya lupa...*. Namanya Juwita. Yang jelas, asalnya dari Jambi. Anaknya tinggi, manis, tomboy . Nah, gak tau gimana cerita awalnya, yang saya tau, saya udah sahabatan sama Juwita. Kita suka belajar bareng, main bareng. Pulang sekolah, dia sering maen ke rumah saya. Iya, rumah saya dulu sering juga dijadiin base camp temen-temen SD saya. Rame-rame pada maen ke rumah. Kalo hari Minggu suka juga rame-rame naik sepeda main ke rumah guru-guru kami. Bawa buah-buahan. Di rumah guru nanti, kita rujakan. Padahal rumahnya lumayan jauh lho. Panas-panas lagi.. Hihihihi... Dasar anak-anak. Balik lagi ke Juwita. Sama Juwita, saya juga suka bersaing dalam hal pelajaran. Dan saya selalu jadi pemenangnya. Hohohoho... Maap, ta.... Saya di urutan pertama, dan dia di urutan berikutnya. Tahun 1994, lulus SD, Juwita dan keluarganya pindah ke kampung halamannya. Ke Jambi. Hubungan persahabatan kami tetap berlanjut. Kami masih rajin bertukar cerita lewat surat. Tapi lama-lama terhenti juga. Sama-sama males kali yah.. Hehehehehe.... Putuslah kontak kami. Lamaaaa kami gak berkabar-kabar ria. Setelah mengenal situs jejaring sosial yang bernama friendster, saya mencoba mencarinya. Hasilnya NIHIL. Sampe baru-baru ini nyari di facebook. Gak nemu juga. Padahal beberapa teman SD sudah lumayan banyak yang ketemu. Dan minggu lalu Juwita meng'add' saya di facebook. Huwaaaa... senangnyaaaa...... Akhirnya persahabatan kami terjalin kembali.

1994 - sekarang

Taon segini saya udah SMP. Temen-temen SD saya rata-rata udah pada berpencar ke SMP pilihan masing-masing. Jadi, di SMP kebanyakan saya ketemu temen-temen baru. Nah disini, saya ketemu lagi dengan orang yang pernah saya kenal. Namanya Iva Mas Uva. Yah, dulu pas SD kelas 5, saya pernah kenalan dengan Iva. Pas SD, saya di SD yang sama tapi beda cabang. Nah loh... Saya di SD Muhammadiyah 3, sedangkan Iva di SD Muhammadiyah 1. Nah, pas kelas 5, pramuka sekolah kami ngadain acara kemah bareng. Disitulah awal perkenalan kami. Lama gak ketemu, ketemu lagi pas di SMP. Dari kelas 1 sampe kelas 3 sekelas terus sama Iva, tapi duduk sebangku cuman pas kelas 2 SMP ajah. Di sekolah, biasanya kita punya temen sendiri-sendiri siii.. Tapi jangan tanya kalo di luar sekolah. Kita nempeeellllll kayak perangko. hehehehe... Saya dan Iva itu sama-sama anak bungsu, jarak usia ke kakak kami juga lumayan jauh. Dari SMP malah di rumah saya lagi jadi anak tunggal. Coz kedua kakak saya udah kuliah di Malang. Yah, jadilah tambah nempel sama Iva. Biasanya kalo udah pulang sekolah, sorenya pasti kita maen bareng. Kalo gak Iva yang ke rumah saya, ya saya yang ke rumah Iva. Jalan-jalan bareng udah gak keitung seberapa sering. Hampir tiap hari. Dari mall ke mall, mandi-mandi di pantai Kuta, udah biasa. Yah, dulu seriinngg kalo sore, kita main ke pantai kuta. Nyebur-nyebur main air sampe puas. Gak bawa baju ganti. Truss??? Tenang ajah. Di motor, di perjalanan pulang, bajunya bakalan kering sendiri. Hihihihihi....

Pernah suatu hari, kita berdua pengeeennn banget liyat sunset di pantai Kuta. Sama-sama belum pernah nih. Hiks. Malu dong, dari lahir di Bali kok ya sekalipun belum pernah liyat sunset. Kami punya alasan dong. Orang tua saya dan orang tua Iva sama-sama punya peraturan ketat masalah waktu. Kami dibebaskan main. Yang penting, pulang sekolah pulang dulu. Dan, sebelum waktu maghrib, kami sudah harus kembali ke rumah. Nah sunset kan adanya pas waktu maghrib. Singkat cerita, kami akhirnya sama-sama nekat pengen liyat sunset hari itu. Harus. Dan kami pun menyusun rencana yang menurut kami sangat brilliant. Jadi nanti pas pulang, kami anter-anteran, pokoknya masuk rumah berdua, jangan sendiri. Pas di rumah Iva bilang gini "tadi udah shalat maghrib di rumahnya Retno kok.... " dan tentu saja kalo orang tua saya nanya, kita akan jawab "tadi pas maghriban udah di rumahnya Iva kok, jadi udah shalat di sana"... Hihihihihi.... Yap, alasan beres, dan selamat menikmati sunset.... Waahh... ternyata sunset itu indah banget. Kami pun pulang dengan wajah sumringah. Daaannnn sampe rumah, ternyata kami sama-sama dimarah. Orang tua saya dan orang tua Iva telfon-telfonan nyariin anaknya sampe maghrib gak pulang-pulang. Pas di rumah Iva kami dimarahin orang tuanya, pas di rumah saya, kami pun dimarahin ortu saya. Hiks... bodohnya kamiii.... gak kepikiraaann sampe kesana.....

Oiya, lupa.. Iva ini anaknya doyan makan. Tercermin dari postur tubuhnya. Hahahahahaha.... *aman, dia gak hobi blogging*. Karena saya sering bepergian dengan Iva, jadilah saya pun harus menemaninya makan juga. Gak masalah, saya juga doyan makan. Makanan wajib saya dan Iva adalaahh... rujak kuah pindang, bulung, tipat, bakso, mie ayam... Jajanan yang sampe sekarang selalu buat saya meneteskan air liyuurrr.... *sslllrrpppp*.

Ah... banyak cerita sama Iva. Curhat-curhatan jangan ditanya. Saya tau siapa aja cowok yang ditaksir Iva dari A sampe Z, begitu pula sebaliknya. Kami sering nyanyi-nyanyi duet di kamar saya, direkam di kaset. Padahal suara kami gak ada yang beres. Tapi tetep pede dong. Sekarang kalo saya puter lagi kaset itu, maluuuuu banget dengernya. Hahahahaha.... Kayaknya sampe sekarang kaset itu masih ada deh....

Biarpun kami sama-sama hobi main dan gak suka belajar, ternyata kami masih beruntung. Gak tau gimana ceritanya, di SMP kami selalu masuk di kelas unggulan. Ditambah lagi, kami selalu bisa masuk 10 besar. Yah, 10 besar cukup lah buat kami yang gak doyan belajar ini. Anak di SMP saya otaknya encer semua. Ngeriii.... Lulus SMP pun nilainya lumayan lah.. Cukup buat masuk di SMA favorit...

Di SMA, kami jadi rada jarang main. Gak bisa tiap hari. SMA saya itu jadwalnya padet. masuk jam 07.15, pulang jam 13.15. Sorenya masuk lagi jam 15.00, pulang jam 17.30. Sampe rumah udah maghrib deh. Capeeekk... Belum lagi tugas-tugas plus ulangan-ulangan yang banyak itu. *sampe sekarang saya heran, kok saya kuat yah, hidup kayak gitu??? hihihihihi ...*
Di SMA saya gak pernah sekelas sama Iva. Seperti biasa, di sekolah sih kita punya temen sendiri-sendiri. Tapi bukan berarti kami jadi renggang. Di luar sekolah, kami masih sering maen bareng. Tapi biasanya bisanya hari Sabtu sore ato Minggu ajah. Di luar itu, sibuk...

Akhirnya kami pisah pas mesti beranjak ke bangku kuliah. Iva tetep kuliah di Bali, ambil jurusan Teknik Sipil. Dapet PMDK dia.. Ebaatt...... *plok.. plok.. plok...*. Sedangkan saya musti kuliah di Jokja, ambil jurusan Akuntansi. Hubungan kami masih akrab. Tiap pulang liburan semesteran, kami pasti maen bareng lagi. Nostalgia ke tempat-tempat yang sering kami kunjungin dulu. Sering juga kami punya jadwal libur yang beda. Saya udah libur, Iva belum. Jadi kalo ke Bali, saya sering juga ikut kuliah di kelasnya Iva. Hehehehehehe... *penyusup*

Sampe sekarang pun kami masih terpisah. Tambah jauh lagi jarak kami. Saya di Bima, Iva di Jakarta. Sama-sama mengejar cita-cita. Tapi tetap, komunikasi kami gak pernah putus. Apalagi sekarang komunikasi udah murah bangettt.... Sahabat, untuk selamanya ya Va. Doaku untukmu, ayo gapai cintamu, aku pengen mendampingimu saat kau dan 'dia' mengikrarkan janji suci kalian, seperti kamu mendampingi aku saat aku dan lelakiku mengikrarkan janji suci itu. Makanyaa...... cepetan temukan si 'dia' yang tepat buat kamu yaa...... :p

sori va.. fotonya jelek banget yah.. nemu ini aja, gak tau yang lain pada kemana

2000 - sekarang

Taon 2000, saya baru masuk kuliah di Jokja. Kota yang lumayan baru bagi saya, apalagi ini pertama kalinya saya harus hidup terpisah jauh dari orang tua. Jadi anak kost. Beratkah?? ya berat sih, tapi karena saya orangnya juga gak suka mikir yang berat-berat, jadi ya jalanin aja lah.... Pas masuk kuliah, saya paling gak suka masa Orientasi Mahasiswa Baru. Rasanya tersiksa. Musti dateng jam 4 pagi (kalo gak salah). Berdiri lama-lama, dengerin omongan-omongan sok jagoan bernada keras dari kakak tingkat. Huff.... Jujur deh, sampe sekarang saya merasa bahwa OMB atawa OSPEK, atawa MOS, gak ada gunanya...!!! dihapus aja kenapa? Tapi dari situ juga akhirnya berasa punya temen senasib sependeritaan. Lumayan juga sebagai ajang perkenalan dengan teman seangkatan. Dengan kakak tingkat yang meng-orientasi kita?? ogah !!! gak bakalan !!! males banget liat muka-muka mereka ... Maap, maap. Bukannya gimana yah.. Tapi saya emang gak suka dan pada dasarnya gak setuju dengan acara yang begitu. Orientasi oke, pengenalan UKM oke, tapi acara bentak-bentak, hukum ini hukum itu, GAK BANGET !!! Walaupun tetep gak bisa berbuat apa-apa. Eh, malah ngelantur. Nah itu dia, dari jaman orientasi itu saya berkenalan dengan banyak teman. Dan pada akhirnya ada yang berlanjut jadi temen sekelas juga. Di jaman kuliah ini ada 4 orang temen yang jadi sahabat. 5 termasuk saya. 4 satu kelas, 1 lagi pisah kelas.
  • Wahidatul Husna. Panggilannya sebenernya Husna. Cuman kita manggilnya Uus. Husna asalnya dari Banjarmasin. Mukanya imuutt... Suaranya kecil. Kost nya Husna ini biasanya jadi tempat ngumpul kita seudah kuliah. Selain karena kost nya yang paling deket sama kampus, Uus juga selama kuliah gak punya pacar. Jadi kalo gak sama kita, ya dia selalu ada di kost nya. Hehehehe.. Peace, Us. Lulus kuliah, Husna balik lagi ke Banjarmasin mengabdi untuk kotanya. Udah nikah, Udah punya jagoan kecil yang diberi nama El Yusuf Mutiara Ilham. Sun sayang buat Yusuf ya say....
  • Lingga Primaningrum. Panggilannya Dodol. Karena anaknya emang dodol... Wanita dengan body paling bongsor di antara kami. Gadis manis dari Jambi. Manis tapi tomboy nya minta ampyuunn.. Itu dulu. Sekarang, dia sudah jauuhh lebih feminim. Di antara kami berlima, akhirnya Dodol yang stay di Jokja. Uenake doolll... Ngiri akuuu... Aku yo pengen urip neng Jokja tooo... Sudah menikah, dan sudah dikaruniai jagoan ganteng juga. Mas Gupta Al Kahfi Assipatra... Cubit pipi mas Gupta aahhh...
  • Eni Dian Larastuti. Panggilannya Dian. Asli Wonosobo. Dian ini yang paling cantik dan menarik di antara kami. Tinggi, putih, diliat dari mana tetep cantik banget lah.. Orangnya cenderung pendiam, sabar, smart banget deh.... Sekarang Dian bahagia dengan keluarga kecilnya di Pekanbaru. Anaknya udah dua. Putri yang Cantik namanya Syaihila Juna Diamond. Putranya yang ganteng namanya Fajar Allabar Diamond. Peluk cium tante buat Juna and Abbar dong...!!!
  • Sri Rahayu. Yayuuuukkk... Apa kabarmu, cin?? Yayuk ini asli Pemalang. Orangnya sabaarrr banget. Rada lugu n secara gak sadar suka bikin kita ketawa terbahak bahak karena keluguannya. Pissssss yuuukkk.... Sekarang dirimu sudah di ibukota sana ya cin.. Ayo segera temukan cinta sejatimu... Oiya, diantar kami berlima, Yayuk ini gak pernah sekelas sama kami. Nomor mahasiswanya genap sih. Kalo kami berempat kan ganjil. Jadi sampe lulus pun gak bakalan pernah dapet sekelas ya yuk...
Uniknya, kami jarang, eh gak pernah malah kumpul berlima. Kalo di kampus, di kelas, biasanya yang ngumpul itu saya, husna, dodol n dian. Kalo di luar kelas yang ngumpul itu saya, dodol, husna n yayuk. Dian jarang ikut ngumpul di luar jam kampus. Lebih sering ngumpul sama anak kost nya. Kalo saya dan yayuk juga kebetulan ikut UKM yang sama. Jurnalistik. Jadi sering bareng juga.

Seru kalo dah ngumpul. Jadi lupa lah sama rindu kampung halaman. Jadi tambah betah di Jokja. Pulang kuliah suka makan siang bareng, ke mall and malioboro and pasar beringharjo mborong baju tidur di awal bulan, saat dompet masih pada tebel... Mancing di ATM saat akhir bulan (jaman ATM masih pecahan 20ribuan), jaman harga ayam lalapan masih seharga 3ribu sajah... Jalan-jalan ke Kaliurang, rekreasi murah meriah. Ah... indahnya masa itu. Saya cintaaa banget sama kota jokja. Gak bakalan lupa sama kota ini. Pengen banget bisa tinggal di kota ini. Saya juga kangen dengan sahabat-sahabat saya ini. Sukses di kehidupan masing-masing yah.. I miss u all...


ki - ka : enno, uus, yayuk duduk : dodol ...

2005 - sekarang

Lulus S-1, saya ngelanjutin Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) di kampus saya juga. Alhamdulillah saya satu-satunya mahasiswa angkatan itu yang bisa lulus masuk PPA tanpa harus ikut matrikulasi seperti temen-temen saya yang lain. Jadi selagi teman-teman baru saya ikut materi dan test matrikulasi selama sebulan, saya malah lagi liburan panjang di Bali. Hihihihihi... Di PPA ini sih kuliahnya cuman 2 semester. Mata kuliahnya ampun deeehh.. Menurut saya beraattt banget. Presentasi dari hari ke hari. Tugas numpuuukk sampe lembur-lembur. Jadi, di masa penderitaan ini, kami sekelas yang cuman terdiri dari 24 orang, jadi semakin dekat. Di masa ini, satu kelas kami adalah sahabat. Kami sering rame-rame sekelas refreshing makan bareng ke tempat yang agak jauh. Ke Janti Klaten, di pemancingan ikan, di Kaliurang udah gak keitung. Pernah juga main-main di pantai Baron ato Kukup ato Krakal gitu... *saya lupa akhirnya pantai apa yang kita kunjungi*... Sekarang, udah pada berpencar di seluruh Indonesia. Udah pada sukses pastinya. Kapan kita kumpul lagi, sobs???? Mau kuliah Akuntansi Manajemen sama Pak Arief Suadi.. xixixixixix.......

classmates...

yah.. kami sedang stress ...

kukup ato krakal ato baron ...???

kaliurang

makan-makan... kekenyangan...

kelas kita....

2006 - sekarang

Taon 2006, saya masuk ke perusahaan ini. Perusahaan Listrik Negara. Saya di tempatkan di Bima. Wilayah paling timur dari Nusa Tenggara Barat. Sedih ??? gak juga. Saya harus sedih karena apa? karena jauh dari orang tua? saya sudah biasa dari jaman kuliah. Saya pergi ke Bima juga dengan tujuan jelas. Saya bekerja di sini. Sementara di luar sana sangat banyaakk pengangguran. Jadi beruntunglah saya masih bisa diberi anugerah berupa pekerjaan di tempat yang 'terpencil' ini *sedang membesarkan hati :p*

Sama seperti jaman kuliah, akhirnya saya punya 5 orang sahabat. 4 orang tinggal di satu rumah kontrakan, 1 orang nge kost sendirian, soalnya beliau yang paling duluan datang ke Bima. Here they are ...
  • Lina Kusuma Wardani. Lina. Asli Demak, Jawa Tengah. Lina ini satu angkatan sama saya. OJT 2006, pengangkatan 2007. Background nya Teknik Elektro. Jadi, udah biasa manjat tiang. Nikah taon 2007 dengan senior di PLN juga. Udah punya jagoan cilik, Prabu Yudistira Az Zabir. Sekarang, Lina sudah dipindah ke kantor wilayah di Mataram sana. Doakan kami menyusulmu ya nduk...
  • Atik Wijayanti. Cewek imut asli Solo. OJT taon 2005 n pengangkatan 2006, jadi senior saya. Background nya Akuntansi, satu almamater dengan saya, tapi mbak Atik ambil diplomanya. Jadi ya gak kenal pas jaman kuliah. Sekarang saya satu ruangan, bahkan duduk bersebelahan dengannya. Rumahnya pun tetanggaan. Hihihihihi. Udah menikah dengan pria Batak yang sangat sabar (yang Batak jauh lebih sabar dari pada yang Solo). Bidadari kecilnya bernama Artha Christy Naibaho.
  • Fitriah Adriana. Kurus, tinggi, energik, doyan ngomong. hehehehhe.. Wanita ini berasal dari Mataram, Lombok. Mbak Fitri ini yang paling senior di antara kami. Dia pengangkatan taon 2001 *halaahhh.. bilang aja paling tua... eh, gak yak???*. Seperti Lina dan mbak Atik, mbak Fitri pun ketemu jodohnya di Bima. Udah punya 2 jagoan ganteng, Kaisar Mubarak Putra sama Kenzie Danish Putra.
  • Sari Indah Damayanti. Mbak Sari. Cewek asli Madiun, berbadan paling bongsor di antara kami. Orangnya sabar, smart banget, bahasa Inggrisnya cas cis cus. Taon lalu mbak Sari berhasil menyelesaikan program beasiswa S2 nya di UGM. Oia, mbak Sari ini pengangkatan taon 2002. Suaminya, sesama pegawai PLN juga. Udah punya bidadari kecil Andrea Tiara Wicaksono, sama jagoan ganteng Marchio Hiro Wicaksono. Oiya, mbak Sari juga udah pindah ke Mataram.
Kita berlima udah berasa sodara. Yah sama-sama jauh dari keluarga siey. Selalu bersama siang dan malam. Ya iyalaahh satu kontrakan. Hehehehe... Gak keitung lagi sih seberapa sering kami makan bareng, jalan-jalan bareng, belanja ke pasar bareng, masak bareng, hhhmmm... dekeettt banget. Sampe sekarang pun, saat kita udah punya rumah dan keluarga masing-masing, kami masih sering ngumpul dan saling mengunjungi. Kalo di kantor siey jangan tanya. Kan masih sering ketemu. Kalo sekaarang sih tinggal bertiga aja di Bima. Tapi bukan berarti persahabatan kami terhenti lho. Komunikasi jalan teruuusss......

ki - ka : atik, fitri, lina, enno

geng oneng...

w/ mbak sari...

Yah, inilah sahabat-sahabat saya. Dari dulu.. sekarang... dan selamanya...

5 komentar:

  1. Seneng baca ceritamu tentang sahabat2mu, jeng.. Punya sahabat memang selalu menyenangkan, apalagi kalo bisa ketemu sama yang betul2 bisa ngerti kita dan gak pke sinis apalagi iri. Eh, kalo pake sinis dan iri itu berarti bukan sahabat kan ya??? :D

    BalasHapus
  2. Hahahaha... iya iya... kalo sahabatan, gak boleh sinis n iri. Harus saling mendukung. Seneng kalo sahabatnya lebih maju dari kita... Tapi kita juga jangan mau ketinggalan dongs... :p tul, gak?

    BalasHapus
  3. Ih senengnya......
    moga2 bisa tetep langgeng,
    trus kita kumpul2 pas udah punya cucu

    haiyah.....

    BalasHapus
  4. Amiinnn.... hayo mbak... Singapur?? Singapur??? xixixixixi....

    BalasHapus
  5. Aku terharu..... hicks...
    Kangeeeeen

    BalasHapus