Kamis, 22 Maret 2012

Jalan Seru di Tengah Dinas

Hari Senin tanggal 12 Maret 2012, saya dipanggil ke ruangan Pak Bos. Pak Bos nanya begini "Mbak Enno mau nggak dines ke Jakarta?". Pengennyaaaaa saya langsung jawab "NGGAK", tapi mikir-mikir lagi deh. Entah sudah keberapa kalinya saya menolak dinas ke luar daerah. Lama-lama gak enak juga. Pernah ada seorang Bapak yang nanya ke saya "Mbak Enno kenapa sih kok gak suka dines?". Hehehe... jadi bingung jawabnya. Sebenernya saya seneeennnggg banget dines, apalagi ke luar daerah, jadi bisa tau kota seberang kan yaa... siapaaa coba yang nggak suka. Dulu, jaman saya masih di Bima, jaman saya masih belum punya Fira, dan jaman saya masih single, saya seneenng banget ngegantiin Bapak-Bapak ato Ibuk-Ibuk yang menolak dinas ke luar daerah. Saya dulu pun sering bertanya pada mereka "Kenapa sih Bu, gak mau dines ke luar, aneh deh". Dan si Ibu itu pun menjawab "Nanti kamu tau sendiri lah No, gimana rasanya dines setelah punya anak". Hehehehhe... dan sekarang saya sudah tau gimana rasanya.
Jujur aja saya masih seneng jalan-jalan, kesana kesini bawa Fira pun oke. Walopun seringnya biaya SPPD dari kantor tak mencukupi untuk biaya perjalanan kami alias nombok, karena kalau saya dinas harus membawa Fira, otomatis juga harus membawa orang dewasa yang akan mendampingi Fira selama saya dinas nanti. Okelah, itu konsekuensi dan selama ini saya nggak terlalu mempermasalahkan hal ini. Insya Allah masih cukup lah. Ini dari sudut pandang saya yaaa. Nah tapi kan saya juga harus mikir gimana Fira nya. Alhamdulillah Fira tergolong anak yang "tahan banting". Dibawa kemana aja, naik apa ajah (darat, laut, udara), okeeee ajah. Tapi kan kasian juga yah, waktunya bobok, kitanya musti jalan ke bandara. Waktunya maen, kita masih harus anteng ada di pesawat. Yah kasian ajah. Kasian Fira, kasian saya juga. Heheehe....

Akhirnya saya terima juga dinas itu, kebetulan menurut pengalaman temen-temen, dinas ini gak terlalu menyita banyak waktu, malah Fira juga bisa diajakin. Jujur yah, sempat terpikir untuk meninggalkan Fira di Lombok, atau menerbangkan Fira ke Denpasar, untuk kemudian saya pergi sendiri ke Jakarta, supaya lebih leluasa. Lagipula bulan depan usia Fira sudah menginjak dua tahun. Sudah mulai latihan berpisah dari mimiknya. Tapi sepertinya kalau urusan tidur tanpa Fira harus dipikirkan seribu kali yah. Kami masih belum terbiasa. Kasian Fira, tapi lebih kasian saya. Bisa-bisa gak konsen dong. Hehehehe... Setelah konsultasi sama Om Ben via telfon, akhirnya Om Ben cuman bilang gini "Ya mas siey terserah ndut aja, kalo mau ditinggal di Bali ya gak papa, kan ada mbahnya. Tapi kalo bisa dibawa ke Jakarta kan lebih baik. Nanti kalo ndut dines, ya Fira nya kan bisa sama mas". Yap, ini tandanya FIRA HARUS TETAP DIBAWA. TITIK !!!!!!!!!!

Akhirnya diputuskan bahwa kami akan berangkat di hari Rabu dan balik lagi ke Mataram di hari Sabtu. Rutenya begini :

Rabu, 14 Maret 2012, 10.35, Lion Air, LOP - CGK, Psx : Retno & Fira
Rabu, 14 Maret 2012, 10.45, Lion Air, LOP - DPS, Psx : mbah putri

Sabtu, 17 Maret 2012, 09.00, Lion Air, CGK - LOP, Psx : Benny, Retno, Fira
Selasa, 20 Maret 2012, 09.50, Lion Air, DPS - LOP, Psx : mbah putri

Kamis, 22 Maret 2012, 06.00, Lion Air, LOP - CGK, Psx : Benny

Alhamdulillah gak ribet. Oiya, kebetulan juga ada acara dines ini, karena mbah putri memang harus pulang ke bali untuk mengurus e-KTP. Memang sudah diatur yah...

Malam Rabu, Mataram dilanda angin kencang. Saya dan keluarga hanya bisa berdoa semoga esok pagi cuaca membaik dan tidak ada halangan apapun saat penerbangan kami hingga tiba di tempat tujuan, bertemu dengan orang-orang yang kami cintai. Alhamdulillah malam itu kami bisa pasrah dan bisa tidur dengan lelap. Termasuk Fira, lelaaapp banget.

nyenyak banget yah

Besok paginya langsung siyap-siyap. Fira bangun langsung sarapan, Alhamdulillah sarapannya habis, trus langsung mandi, trus langsung capcus ke bandara. Di bandara nggak nunggu lama, kita langsung boarding. Saya sama Fira boarding duluan. Gak lama kemudian, mbah putri pun boarding. Yah kalo dilihat dari jadwal, kami memang hanya terpaut sepuluh menit. Alhamdulillah semuanya tepat waktu.

Liyat pesawat landing dan take off

Selama penerbangan, Alhamdulillah semuanya aman. Fira tidur nyenyak dan cuaca bersahabat, dan kamipun mendarat dengan sempurna. Pas udah mendarat, baru deh Fira kebangun gara-gara ribut suara orang yang pada berdiri. Hehehehe... trus bangun tidur Fira langsung ngoceh-ngoceh "nyampeeee.....", dan orang-orang pada ketawa. Hihihihi... Trus sambil nunggu orang-orang pada turun dari pesawat, Fira main-main aja ngeliyatin pesawat-pesawat lain dari jendela pesawat kami, sambil ngoceh-ngoceh "awak (pesawat) mamaaa.... bis..... tek (truck)", ah macem deh dikomentarin. Sampe semua penumpang udah turun, baru deh saya sama Fira turun.

Sampai di tempat pengambilan bagasi, seperti biasa Fira saya naikin di trolley. Saya nyantei-nyantei, sambil nungguin kode dari Fira. Gak beberapa lama Fira bilang "tas, mama... tas, mama". Hihihihi... yah, saya nungguin kode dari Fira kalo koper kami udah keliatan. Beberapa orang pun berkomentar "iiihhh... pinter yaaa, tau tas mamanya". Gak tau nie anak, dari dulu mestiii tauuu aja tas kami yang mana.

tas mama... tas mama ...

Selesai ambil bagasi, kami keluar, dan sudah disambut oleh cengiran lebaarrrr khas Om Ben. Hehehehehe.... Abis itu langsung cari makan siang di dalam bandara juga. Habis ini masih jauh perjalanannya.

Langsung nempeellll

Dari bandara kita langsung ke arah Serpong, mau liyat PUSPIPTEK, lokasi dines saya esok hari. Cuman lewat aja siey, abis itu langsung lanjuuttt ke Bogor. Oiya, selama perjalanan, kami ditemenin sama Pak Karna, driver langganan kakak ipar saya.

Sampe Bogor, kami udah pada kelaperan lagi. Udah sore soalnya. Kalo Fira siey aman, udah ada bekalnya berupa bihun goreng isi bakso sosis dan wortel yang dibawa dari Mataram. Jadi sepanjang perjalanan dia udah makan duluan. Kami pun mampir ke rumah makan GUMATI di Bogor, kami pesan menu ikan gurame goreng plus sayur asem. Tempatnya enak banget, kami menghabiskan waktu lamaaa untuk makan di situ. Selain ngelurusin badan karena capek selama perjalanan, Fira nya juga lagi doyan main air tuuukk, sambil maem lagi. hehehehe

@ Gumati

Rasa masakannya standar, tapi suasananya enaaaakkkkk banget. Kalo malem lebih sedep kayaknya. Selesai makan, kita langsung ke hotel di kawasan Tajur. Oiya, kali ini kami menginap di hotel, gak di tempat kakak ipar saya seperti biasa. Selain karena hari ini adalah hari kerja, yang mana kedua kakak ipar saya sama-sama sibuk kerja, kita juga memilih hotel yang deket kalo mau kemana-mana, trus biar kita juga bisa leyeh-leyeh semau gue gak pake acara sungkan. hehehehehe. Bukan berarti di rumah kakak ipar saya gak nyaman yah, kakak ipar saya siey nyantei banget orangnya, cuman tetep aja pengen leyeh-leyeh semau gue lah pokoknya.

Malam itu kami cuman maen di mall Ekalokasari, dan seperti biasa, akhirnya Fira lah yang pulang dengan tentengan paling banyak. Dilanjutkan dengan makan malam di mall itu juga, di steak 21. Saya sukaaaaa......

pesen yuukkk

Selesai makan, langsung balik ke hotel yang dekeettt banget itu, dan dimulailah acara leyeh-leyeh kami. Agenda besok agak padat sepertinya.

Hari Kamis paginya, kami siap-siap ke PUSPIPTEK. Lama perjalanan kurang lebih 1,5 jam lah kalo dari Bogor. Oiya, selama acara dinas ini, Om Ben dan Fira akan selalu ikut dengan saya karena acara tidak terlalu formal. Dan kabar buruknya, rekan saya yang dari Mataram yang seharusnya berangkat pagi ini, pesawatnya delay karena cuaca di Mataram sedang buruk. Hujan angin. Jadi kemungkinan baru siang nanti bisa bergabung. Oke lah, saya berdoa semoga tidak ada kendala, semua berjalan lancar.

Tiba di PUSPIPTEK, saya langsung masuk ke ruang Uji Material. Oiya, sebenernya ngapain siey acara dines saya ini? Oke, acara kami kali ini adalah untuk menguji material berupa besi, plat dan baut, untuk bahan dalam pembangunan SUTT 70 kV dan 150 kV di Nusa Tenggara Timur. Apakah material yang digunakan sesuai standar atau tidak. Jadi yang dilakukan adalah dengan melakukan uji tarik. Selama saya di dalam ruangan bersama beberapa rekan dari PLN unit lain, Fira sama Om Ben menunggu di halaman sambil bermain dan Fira makan siang. Alhamdulillah bangeeett punya anak gak rewelan dan suami penuh kesabaran, hihihihihihihi.....

uji material dan material yang diuji

Selesai dari PUSPIPTEK, kami menuju workshop perusahaan di daerah Serpong juga, untuk melakukan pengukuran tower contoh, disesuaikan dengan desainnya. Yah, semacam itulah.... *sok ngerti, dan membahas beberapa permasalahan mengenai proses pembangunan tower ini. Selama di perjalanan dari PUSPIPTEK ke workshop sampai kita akan kembali ke Bogor, Fira tidur dengan tenangnya di dalam mobil.

tidur pulas


Ini foto bersama dua rekan saya yang cantik-cantik dari PLN Enjinering. Oiya, ada sedikit cerita yang bisa bikin saya nyombong dikit niey, hihihihihi.... Jadi setelah mereka tau saya bawa anak, mereka tanya Fira umur berapa, dan juga umur saya. Dan mereka kaget banget waktu tau saya almost thirty. Hihihihi.... "masak siey mbak??? kirain masih kecil, jauh banget dari umur tiga puluh". Hihihihihihi.... Padahal yah, waktu saya udah SD, mbak-mbak cantik ini pada baru lahir lhooo.....

Sore hari acara dinas saya sudah selesai, sekarang waktunya acara keluarga. Dari Serpong kami langsung cabuutttt ke Bogor. Ke hotel buat mandi plus shalat, trus lanjut lagi ke Botani Square. Lagi-lagi Fira lah yang bawa tentengan paling banyak. Hehehehehe.... Di Botani Square, saya udah request ke Om Ben, mau maem di Cafe Seberang. Titik. Hihihi.. Kangen berat sama kwetiaw gorengnya.

@cafe seberang

Eh, itu baju saya kok sama ya dengan yang semalem???? hihihihi.. ketauan deh gak ganti bajuuu...

Hari Jumat, full acara keluarga. Om Ben udah menjadwalkan hari ini kami akan ke Taman Safari (cisarua) dan puncak. Kebetulan saya belum pernah ke dua tempat itu. Norak yah, biarin !!!! tapi saya kan sering ke pantai Kuta. Jiaaaahhhhh...........

Jam setengah enam pagi Om Ben pergi ke proyeknya dulu ngontrol kerjaan. Fira masih bobok, dan saya siap-siap peralatan dan perbekalan Fira untuk acara hari ini. Jiaaahhh.. orang gak masak apa-apa juga, cuman pesen nasi goreng ayam telur ajah di hotel. Buat sarapan kami berdua, dan buat bekal makan siang Fira, takut makan siang kami tertunda karena macet ato apalah. Kalo yang tua siey bisa aja nahan laper. Tapi kalo Fira? jangan sampai laahh.. kasiaann.. Makanya kemana-mana mesti bawa bekal.

Jam tujuh Fira bangun, langsung saya suapin sambil main-main di halaman hotel. Abis sarapan langsung mandi, pas jam sembilan papa dateng, dan kita capcus ke Taman Safari. Gak jauh juga ternyata. Pertama kami masuk ke area binatang yang jinak, yang liyatnya dari dalem mobil itu lhooo... Ada zebra, jerapah, gajah, monyet, buaya, kudanil, singa.... banyaaakkk deh, Fira??? seneng bangetttt.... semangat banget pindah ke bangku kanan kiri demi liyat binatang-binatang itu dari dekat.

liyat-liyat binatang

Udah dapet muter satu lap, kita langsung cari parkiran buat makan siang pluuuss papa sama Pak Karna mau Shalat Jumat. Setelah selesai shalat dan makan siang, kita langsung nontong pertunjukan binatang deh. Pertama pertunjukan macan, trus lanjut pertunjukan singa laut. Di pertunjukan macan, yang nonton cuman papa sama Fira, karena saya belum Shalat Dzuhur. Selesai shalat Dzuhur, pertunjukannya udah abis, tapi kami sempat berfoto sama anak macan lhoo....

Fira nonton pertunjukan macan

Foto keluarga

Trus, Fira juga sempat main kereta api. Fira sendiri yang minta, awalnya kami was was, takut Fira tiba-tiba gak berani dan minta turun, eh ternyata berani lhooo...

Fira jadi masinis, penumpangnya cuman satuuukkk

Bercanda sambil ngemil... nungguin pertunjukan singa laut

pertunjukan singa laut

Puas deh main di Taman Safari. Taman Safari di Bogor ini terawaaattt banget lho, mbak-mbak n mas-mas yang jaga juga pada cantik-cantik n ganteng-ganteng, pokoke pengelolanya oke punya lah.... Jadi pengen kesini lagi.

Udah sore, Fira juga udah "lusuh". Hihihihi.. Gimana gak lusuh, dari tadi maen plus panas-panasan. Kebetulan sore ini Fira P.U.P. Jadi sekalian aja saya basuh badannya dan ganti bajunya. Sampe di dalam mobil, eh si Fira minta mimik trus gak lama langsung bobok. Capek rupanya dia. Padahal kami mau ke puncak, jadilah kami ke puncak, tapi gak pake turun mobil, soalnya Firanya angler banget boboknya. Di puncak dingiiinnnnnn banget. Fira langsung bawa oleh oleh pilek. Hiks... Di puncak cuman sebentar, Om Ben sama Pak Karna shalat Ashar di masjid, sementara saya sama Fira nunggu di mobil aja. Saya sudah menjama' shalat Ashar di Taman Safari tadi.

Menjelang maghrib kami balik ke Bogor. Jalanan mulai macet, untuk Pak Karna tau jalan tikusnya, jadi kami gak kejebak macet deh. Sampe hotel kami mandi dan shalat maghrib, dan Fira masih tetap tertidur pulas, trus mau lanjut ngemall lagi. Hihihihihii.... Ya iya laahhh saya kan belum beli apa-apaaa...

tertidur pulas sementara kami mandi dan shalat maghrib

Sampe mall, Fira kebangun, tapi rada rewel, gak mau turun dari gendongan. Padahal mamanya lagi seru banget niey milih milih bajunya. Hehehehehe.... Udah lamaaa saya sama Om Ben belanja-belanja, trus Om Ben bilang gini "udah yuk, kita maem yuk ndut, laper niey". Eh Fira tiba-tiba nyahut "maem??? ayok .... maem.. mau". Oalah naaaakk.. ternyata dari tadi minta gendong itu gara-gara laper yah, gak kuat jalan yah??? Hihihii.... bener aja, abis maem, langsung lari-lari gak mau di gendong.

ayok maem, mama .....

Baliknya ke hotel, Fira langsung mandi. Iya laahhh sore tadi Fira belum mandi sementara besok subuh sudah dapat dipastikan Fira nggak mandi karena kita sudah harus berangkat ke bandara. Malem itu Fira malah lamaaa banget boboknya. Maiinnnn terus. Main hapenya papa. Oiya, ni anak udah bisa lho mengoperasikan hapenya Om Ben, jari-jarinya lincah banget mainin hape papa yang touch screen itu, apalagi kalo nge game. Wuih, seneng banget, walopun saya yakin si Fira ngasal aja mainnya. Tapi dia bisa mencari dimana letak game yang ingin dia mainkan.

asyik nge game

Lama-lama tidur juga ni anak, tapi saya udah ketiduran duluan. Fira diladenin sama papanya. Saya kebangun jam setengah empat pagi gara-gara Fira minta mimik air putih. Abis mimik air putih, eh Fira malah ngambil camilan, trus maem camilan. Welaaahhh ..... laper lagi naaaakkk..... Abis itu baru deh boboknya dilanjutin. Puleeesss... sampai kami nyampe bandara pun Fira tetep pules.

masih pules, pake baju tidur, cuman dipasangin sepatu dan kaos kaki ajah, abis itu di angkuuuttt ke bandara

Nyampe bandara saya dan Om Ben sarapan, Fira masih males maem, masih rada-rada ngantuk. Setelah sarapan, kita naik ke ruang tunggu, baru deh saya suapin Fira. Gak berapa lama akhirnya kita naik ke pesawat untuk kembali ke Lombok. Alhamdulillah perjalanan kami lancar dan kami tiba selamat sampai di rumah. Ahhhh senangnyaaa..... hari ini masih hari Sabtu, besok masih libur. Acara liburan kami dilanjutin di Lombok, ya lagi-lagi ke mall, foto-foto mewah itu lhoooo....

Hari Seninnya saya ngantor, eh ada kejutan lain yang sudah "nangkring" di meja saya. Senangnyaaaaaaa.....

Di hari Selasa, mbah putri dateng lagi ke Lombok. Asyiiikkk.... di hari Rabu saya ngantor dan sepulang kantor saya dan Om Ben belanja-belanja lagi buat Fira. Ah, senangnyaaa... Cerita belanja-belanjanya ntar disusulin deh....

Dan hari ini, Kamis pagi tadi Om Ben udah balik lagi ke Bogor. Sesampainya saya di kantor, Om Ben telfon sudah mendarat, dan sebenernya masih sangat ingin bareng kami main-main ke Taman Safari, foto-foto di mall, jalan kesana, jalan kesini, bahkan sekedar kruntelan aja bertiga di kasur. Yah, nanti kapan-kapan lagi ya papa....

Dan besok sudah tanggal merah. Akhir minggu yang panjang. Asyik yah ...

Selamat Hari Raya Nyepi buat yang merayakannya. Aaahh jadi pengen ke Bali menikmati suasana Nyepi......


8 komentar:

  1. dines sekalian jalan-jalan ya.gak nahan liat ikannya yg lagi meringkuk :)

    BalasHapus
  2. iya mbak, sekalian. Hehehehehe.... Ikannya yang lagi meringkuk? hayuukk disantaaapppp

    BalasHapus
  3. Sama No, aku juga setelah punya anak dikit-dikit menolak dinas. Padahal jaman masih gadis, dalam sebulan minimal keknya dua kali dinas luar...hihihi...

    Ceritanya seru dan menyenangkan buat dibaca, No, kecuali di bagian yang ini:

    Padahal yah, waktu saya udah SD, mbak-mbak cantik ini pada baru lahir lhooo..... -> ini bener-bener info yang tak penting! Huh! hahahaha..

    Btw, komen kamu yang kemaren masuk kok No :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang kangeeenn gitu yah, pergi dinas seorang diri gak bawa Fira, jadi jauuhh dari kata repot. Tapiiii tetep gak tega yah.... Jadi lebih memilih untuk menghindari perjalanan dinas.

      Wkwkwkwkwkwkwkwk...... gak penting banget yah infonya.

      Iya, aku pake email korporat kemaren, sesuai saranmu, berarti bisa yah

      Hapus
  4. ennoooooo....

    skrg LOP ya...perasaan dulu AMP ya....
    jiah ternyata dah luama tahun 2007 dan kalo ke lombok gratis mau tapi kalo bayar sendiri mending ke babel dech....

    wkwkwkwkwkwk
    dah cinta babel

    BalasHapus
  5. wahhhhhhhhh bogor jadi ingat jaman dulu ...kayaknya pernah makan dicafe lupa lupa ingat..pernah ke botani square terus makan didepan giant supermarket tapi lupa namanya..terus difood court yang lantai bawah...batagor mantap....jaman baholak banget soalnya..perjalanan dinas yang menyenangk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weeehhh ke Bogornya udah jaman beheula yah, mama Kinan???
      Iyah, ini perjalanan dinas yang sangat menyenangkan

      Hapus
  6. Iyap, sekarang LOP mbak yu, dulu AMI untuk Ampenan.
    Taon 2007, waktu EO yah... aku waktu itu masih di Bima, jadi gak bisa nyamperin deh.

    Babel?? aku belum kebayang mau kesana je, jauh banget dari sini. Tapi ngiler juga dirimu bilang pantainya TOP BGT gitu

    BalasHapus